Orang Di Atas 40 Tahun Sebaiknya Bekerja Berapa Jam Seminggu?

Orang Di Atas 40 Tahun Sebaiknya Bekerja Berapa Jam Seminggu - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Seiring bertambahnya usia, seperti orang-orang di atas usia 40 tahun, metabolisme tubuh pun ikut menurun. Tentu saja, bagi beberapa orang hal tersebut tak harus menjadi penghalang bagi mobilitasnya. Tapi meski Anda tidak ingin menurunkan performa, para ilmuwan berkata lain. Peneliti menemukan, kinerja kognitif orang setengah baya meningkat jika mereka bekerja hanya sampai 25 jam seminggu.

Yang terjadi, ketika mereka bekerja lebih dari 25 jam seminggu, kinerja keseluruhan menjadi menurun karena “kelelahan dan stres” yang ikut mempengaruhi.

Laporan yang diterbitkan dalam seri Melbourne Institute Worker Paper ini mengundang 3.000 pria dan 3.500 wanita di Australia untuk menyelesaikan serangkaian tes kognitif, dan dalam waktu bersamaan kebiasaan kerja mereka ikut dianalisis.

Hasilnya, mereka yang bekerja 25 jam seminggu memiliki kinerja terbaik sementara mereka yang bekerja 55 jam seminggu menunjukkan hasil yang lebih buruk daripada peserta yang pensiun atau bahkan yang tidak bekerja.

Salah satu dari tiga penulis, Profesor Colin McKenzie dari Keio University mengatakan kepada Times: “Banyak negara akan menaikkan usia pensiun mereka dengan menunda usia di mana orang memenuhi syarat untuk mulai menerima manfaat pensiun. Ini berarti bahwa lebih banyak orang yang terus bekerja di usia lanjut.

“Tingkat stimulasi intelektual bisa tergantung pada jam kerja. Pekerjaan bisa menjadi pedang bermata dua, karena dapat menstimulasi aktivitas otak, tetapi pada saat yang sama jam kerja yang panjang dapat menyebabkan kelelahan dan stres, yang berpotensi merusak fungsi kognitif.

“Kami melihat bahwa perbedaan dalam jam kerja penting untuk mempertahankan fungsi kognitif pada orang dewasa setengah baya dan lanjut usia. Ini berarti bahwa di usia paruh baya dan lebih tua, bekerja paruh waktu bisa efektif dalam mempertahankan kemampuan kognitif.”

Sponsored