Pasukan Orange, Rela Kotor Demi Jakarta Bersih

Pasukan Orange, Rela Kotor Demi Jakarta Bersih - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Pasukan orange adalah julukan yang diberikan kepada PPSU (Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum). Tugas utama mereka, sesuai namanya, adalah menjaga kebersihan sarana dan prasarana umum di wilayah DKI Jakarta. Tugas utama dari PPSU meliputi penanganan prasarana dan sarana jalan, perbaikan jalan berlubang, perbaikan trotoar, serta pengecatan.

Selain membersihkan sampah, mereka juga menangani prasarana dan sarana saluran seperti memperbaiki saluran air yang tersumbat, memperbaiki saluran yang rusak total, serta melaporkan bila ada pembangunan infrastruktur yang mengganggu saluran air.

Taman-taman yang ada di ibukota juga menjadi bagian dari “job desk” mereka, termasuk menangani pohon tumbang, memangkas ranting yang menutupi rambu-rambu lalu lintas, membabat rumput dan semak yang sudah mengganggu.

Giring Nidji jadi Anggota Pasukan Orange

Pak Ridwan, salah seorang anggota pasukan orange di kelurahan kebon kosong, kemayoran. Menuturkan, “Menjadi pasukan orang sangatlah menjanjikan, Selain mendapatkan gaji 3,3 juta, juga mendapatkan jaminan BPJS keshatan, BPJS ketenagakerjaan dan mendapat fasilitas KJP untuk anaknya agar bisa sekolah”.

Pasukan Orange, Rela Kotor Demi Jakarta Bersih - Motivasinews.com
Salah satu Pasukan Orange terlihat sedang menyapu jalanan.

Pak Ridwan menambahkan, “saya menjadi pasukan orange selama 7 tahun hingga sekarang. Pasukan orenge juga seperti pekerja lainnya, jam kerjanya 8 jam dan mendapatkan THR satu kali gaji. Bahkan kadang-kadang mendapat makan 2 kali sehari dan uang tambahan sebesar 50 ribu”.

Saat melamar sebagai PPSU/Pasukan orange, pak Ridwan hanya menggunakan ijazah SD dan mengikuti test seperti baca, tulis, dan test Urine.

Namun, bila tidak bisa bertugas dikarenakan sakit, dan tidak ada surat keterangan dari dokter, maka akan dianggap membolos dan terkena potongan gaji sebesar kurang lebih 100 ribu rupiah, Tutur pak Ridwan.

Walapun dibeberapa media yang memberitakan bahwa, pasukan orange mendapatkan prioritas untuk tinggal di rumah susun, namun tidak seluruh pasukan orange mendapatkannya, salah satunya Pak ridwan yang berharap mendapakan prioritas untuk tinggal di rumah susun suatu saat nanti.

Penulis : erison a

kode unik: KLIK di sini

Sponsored