5 Tokoh Jenius yang Tidurnya Kurang dari 5 Jam.

MOTIVASInews.com – Biasanya setiap orang rata-rata membutuhkan waktu tidur antara 7 sampai 9 jam tiap harinya agar tubuhnya tetap sehat dan tidak kelelahan. Namun terungkap bahwa tokoh-tokoh jenius dalam sejarah rupanya memiliki waktu tidur yang jauh lebih sedikit dibandingkan kita, yaitu kurang dari 5 jam.

Siapa saja? Berikut 5 tokoh tersebut…

1. Leonardo Da Vinci.

Beberapa sumber menyatakan bahwa Da Vinci sang tokoh legendaris pencipta lukisan Mona Lisa mampu bangun dan sadar selama 22 jam penuh setiap harinya. Dia dikatakan hanya tidur 1.5 sampai 2 jam perhari dengan cara tidur 15-20 menit setiap 4 jam dia bangun. Sistem tidur seperti ini dinamakan polyphasic sleep. Namun kebiasaan tidur Da Vinci ini belum didukung bukti yang kuat, sehingga dikatakan hanya mitos belaka.

2. Nikola Tesla.

Nikola Tesla adalah ilmuwan serba bisa. Hal ini dibuktikan dari beberapa temuannya seperti gelombang radio, listrik, hingga X-Ray. Dia mengaku bahwa waktu tidurnya setiap hari hanya sebanyak 2-3 jam. Namun sumber lain menyatakan ketika sedang tenggelam dalam penelitiannya, dia bisa bangun dan sadar selama seharian penuh dan tidur pula selama seharian penuh.

3. Thomas Alva Edison.

Ilmuwan yang menyempurnakan lampu bohlam ini menyatakan dirinya tidur kurang dari 5 jam tiap harinya. Dia ternyata banyak tidur singkat selama bekerja. Namun jika sudah serius bekerja, dia bisa tidak tidur selama berhari-hari.

4. Sir Isaac Newton.

Orang yang mencetuskan hukum gravitasi ini mengaku hanya tidur 3 sampai 4 jam tiap harinya. Karena kebiasaannya yang terlalu sering kerja nonstop, dia jadi tidak tidur selama berhari-hari, akibatnya dia jadi kelelahan dan suka sakit-sakitan. Menurut buku biografi Isaac Newton, dia tidak bisa tidur karena memikirkan adanya gaya gravitasi, serta gaya sentrifugal dan gaya sentripetral bumi terhadap bulan yang mungkin bisa diterapkan pada bumi dan matahari.

5. Napoleon Bonaparte.

Salah satu kaisar termahsyur dalam sejarah Eropa. Dia merupakan salah satu raja dan ahli strategi terbaik dalam sejarah. Konon katanya, beliau hanya tidur dari jam 12 malam sampai 2 pagi, lalu bangun, kerja, dan tidur lagi jam 5 sampai jam 7 pagi. Itu artinya, dia hanya tidur selama 4 jam tiap harinya. Kesaksian dari perwiranya, ketika kelelahan Napoleon akan menyerahkan komando ke jenderalnya, lalu memerintahkan tidak boleh ada gangguan apapun selama 30 menit. Setelah 30 menit, Napoleon pun kembali segar dan berenergi, siap tempur.

Penulis: Dwi Priyanto

Sponsored