Konglomerat yang Pernah Melarat (4)

list-7-amazing-rags-to-riches-biddy-mason-E

Biddy Mason

Meski terlahir sebagai budak, Bridget ‘Biddy’ Mason meraih keberuntungan sekaligus kekayaan sebagai perempuan pertama yang jadi taipan properti di Amerika Serikat.

Masa mudanya dihabiskan dalam kondisi penuh kekangan sebagai budak di Mississippi. Mason kemudian pergi ke Utah pada 1847 setelah pemilihnya memeluk Mormonisme. Keluarga sang pemilik kemudian pindah ke California, di mana Mason mengajukan petisi dan memenangkan kebebasannya pada tahun 1856.

Kemudian, menghabiskan dekade berikutnya di Los Angeles bekerja sebagai bidan. Ia kemudian mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai orang kulit hitam pertama yang jadi pemilik tanah, setelah membeli properti kecil seharga US$ 250 — dilanjutkan dengan sejumlah pembelian lain.

Insting pebisnisnya lantas muncul. Mason menjual sejumlah tanah miliknya demi┬ámeraup keuntungan. Ia lalu membangun sejumlah properti komersial di distrik┬ábisnis paling cepat berkembang di Los Angeles. Kegiatan bisnisnya kemudian mengumpulkan kekayaan berlimpah, hingga lebih dari US$ 300.000 — nilai yang sangat besar saat itu.

Perempuan yang dikenal sebagai Grandma Mason atau Nenek Mason tak hanya memetik keuntungan. Ia juga menyumbangkan sejumlah uang untuk amal, membantu korban bencana, memberi makan orang-orang miskin, dan mendanai gereja pertama untuk warga keturunan Afrika di Los Angeles.

Sponsored