MOTIVASInews.com – Berikut ini kita rangkum sejumlah tokoh ternama yang meninggal di Tahun 2016. Baik dari dunia musik dan film, juga dari dunia olah raga dan politik. Berikut nama-nama tokoh yang dilansir mirror.

Shimon Peres (1923-2016).

Peres adalah presiden ke-9 Israel, dan menjabat dari tahun 2007 hingga 2014. Ia juga pernah jadi Perdana Menteri dan beberapa kali jadi menteri, antara lain menteri pertahanan. Bersama Yitzhak Rabin dan Yasser Arafat, Shimon Peres mendapat Hadian Nobel Perdamaian tahun 1994. Ia meninggal 28 September akibat kerusakan pada otak dan kegagalan fungsi organ setelah menderita stroke.

Fidel Castro (1926-2016).

Fidel Alejandro Castro Ruz adalah politisi dan pemimpin revolusioner Kuba. Ia jadi Perdana Menteri antara 1959 dan 1976, kemudian sebagai presiden dari 1976 sampai 2008. Di bawah kekuasaannya, Kuba jadi negara komunis di bawah satu partai. Akibat masalah kesehatan, saudaranya Raúl sudah mengambil alih administrasi beberapa tahun sebelum Fidel meninggal dunia pada tanggal 25 November.

Raja Bhumibol Adulyadej (1927-2016).

Raja Thailand ini juga dikenal sebagai Raja Rama IX. Ia naik takhta pada usia 18 tahun. Saat masa studi di Swiss, ia kerap mengunjungi pabrik otomotif di Perancis, dan di sana ia bertemu sepupu jauhnya, Mom Rajawongse Sirikit Kitiyakara yang kemudian jadi permaisurinya. Sebagai raja ia sangat dicintai rakyat. Ia meninggal di Bangkok setelah antara lain menderita infeksi paru-paru.

Leonard Cohen (1934-2016).

Leonard Norman Cohen adalah penyanyi, penulis lagu, penulis dan pelukis Kanada. Ia sudah sukses sebagai penulis roman, ketika ia merilis album pertama berjudul Songs of Leonard Cohen tahun 1967. Dengan tema kematian, kefanaan, agama dan cinta, ia meraih berbagai penghargaan. Selama hidup ia kerap menderita depresi. Ia meninggal saat tidur, dalam usia 82 tahun, setelah jatuh di rumahnya.

Muhammad Ali (1942-2016).

Cassius Marcellus Clay Jr. bukan saja petinju kenamaan, tapi juga aktivis. Dalam karir sebagai petinju, Muhammad Ali dapat berbagai gelar dan penghargaan. Ia dianggap sebagai salah satu petinju terbaik di dunia. Sejak 2014 ia beberapa kali dirawat di rumah sakit. Akibat gangguan pernapasan ia masuk rumah sakit 2 Juni dan meninggal sehari setelahnya.

Alan Rickman (1946-2016).

Alan Sidney Patrick Rickman adalah aktor dan sutradara asal Inggris. Ia terkenal di dunia film dan teater. Perannya yang terkenal antara lain sebagai penjahat di film Die Hard, Severus Snape dalam film Harry Potter, dan Sheriff of Nottingham dalam Robin Hood: Prince of Thieves bersama Kevin Costner. Ia aktif dalam berbagai organisasi kemanusiaan. 14 Januari ia meninggal karena kanker.

Johan Cruyff (1947-2016).

Nama aslinya Hendrik Johannes Cruijff. Ia pemain sepak bola dan pelatih kenamaan dari Belanda. Bersama klub Ajax Amsterdam ia mendapat kesuksesan paling besar. Ia juga pernah bermain bagi FC Barcelona. Ia terkenal sebagai perokok berat hingga terkena serangan jantung 1991. 15 tahun kemudian, 24 Maret ia meninggal karena kanker paru-paru yang dideritanya.

David Bowie (1947-2016).

Nama aslinya David Robert Jones. Dengan nama profesional David Bowie ia berjaya sebagai penyanyi, penulis lagu dan aktor. Ia jadi tokoh dalam dunia musik pop selama sekitar lima dasawarsa. Bagi musisi dan kritikus musik ia dianggap inovator, terutama bagi karya-karyanya di tahun 1970-an. Bowie meninggal 10 Januari di New York, dua hari setelah ulang tahun ke-69, akibat kanker hati.

Natalie Cole (1950-2016).

Nama lengkapnya Natalie Maria Cole. Ia putri penyanyi kenamaan Nat King Cole. Selama 40 tahun berkarir, di AS saja ia menjual 13,5 juta album, sehinga jadi salah satu penyanyi R&B, Soul dan Jazz paling sukses. Selama hidup ia mengalami beberapa masalah kesehatan. Penyebab kematiannya adalah tekanan darah tinggi pada arteri pulmonalis setelah transplantasi ginjal.

Prince (1958-2016).

Nama asli: Prince Rogers Nelson. Ia antara lain penyanyi, komponis, penulis lagu, dan bisa memainkan beberapa instrumen musik. Ia terjun ke dunia musik tahun 1978, dan berpengaruh besar pada musik tahun 1980-an. Menurut NY Times, sejak 2006 ia tergantung pada obat karena sakit di bagian pinggul. 21 April ia ditemukan meninggal di Paisley Park Studio. Beberapa hari sebelumnya ia alami overdosis.

George Michael (1963 – 2016).

Ia lahir dengan nama Georgios Kyriacos Panayiotou. Ia awalnya beken di tahun 1980-an lewat duet Wham! bersama teman sekolahnya Andrew Ridgeley. Duet mereka antara lain membuahkan “Wake me up before you go-go” dan “Last Christmas”. Setelah itu ia bersolo karir selama hampir empat dasawarsa. Dalam beberapa tahun terakhir ia menarik diri akibat sakit. Ia tutup usia pada malam Hari Natal.

Penulis: Dwi Priyanto

Sponsored