Tokoh Wanita Muslim Berpengaruh di Dunia

Tokoh Wanita Muslim Berpengaruh di Dunia - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Banyak tokoh wanita Islam memiliki pengaruh yang cukup besar di dunia, baik dalam penyebaran ajaran agama Islam maupun dalam dunia perdagangan dan politik. Namun, nama mereka memang tidak setenar tokoh pria Islam.

Berikut adalah nama-nama tokoh wanita pejuang Islam yang dapat menjadi inspirasi para kaum wanita lainnya di dunia.
1. Nusaybah binti Ka’ab

Tokoh Wanita Muslim Berpengaruh di Dunia - Motivasinews.com

Nusaybah atau Nusayba yang biasa dikenal Umm ‘Ammara merupakan salah satu tokoh pejuang Islam wanita. Nusaybah merupakan sosok wanita dari bani Najjar. Nusayba juga merupakan sosok pejuang Islam wanita yang gagah berani saat terlibat dalam medan perang dimana perang Uhud berlangsung. Pada awalnya ia membantu menyediakan air dan makanan bagi kedua putranya yang saat itu ikut berperang.Namun, saat keadaan terjepit, ia pun memutuskan untuk ikut berperang. Nusaybah bahkan memberikan perlindungan pada Nabi Muhammad SAW saat Nabi mendapatkan serangan. Ia mendapatkan cukup banyak luka hingga akhirnya jatuh pingsan. Saat ia tersadar dari pingsannya, hal yang pertama ia ucapkan adalah “Apakah Nabi selamat?”

2. Khawla binti Al-Azwar

Tokoh Wanita Muslim Berpengaruh di Dunia - Motivasinews.com

Khawla adalah sosok wanita cantik yang bertubuh langsing dan dikenal mahir berpuisi. Kala perang Yarmuk berkecamuk pada masa kehebatan Khalid ibnu Walid, saudaranya yang bernama Dirar tertangkap oleh prajurit Roma. Khawla ikut terlibat dalam peperangan melawan tentara Roma saat tenda wanita diserang dan ia dijadikan salah satu sandera oleh tentara Roma. Selama perang, Khawla diceritakan telah mengalahkan 5 tentara Roma dan juga pemimpinnya. Keberaniannya juga terbukti saat ia dengan tegas menolak salah satu tentara Roma yang tertarik dengannya.

3. Khadijah binti Khuwailid

Tokoh Wanita Muslim Berpengaruh di Dunia - Motivasinews.com

Khadijah binti Khuwailid adalah wanita pertama yang menjadi istri Nabi Muhammad. Diketahui bahwa Khadijah merupakan salah satu saudagar elite yang dihormati di Mekkah. Dalam sejarah perjalanan agama Islam tercatat bila Khadijah lah wanita pertama yang memeluk agama Islam. Khadijah telah melahirkan seorang putri yang bernama Fatima Al- Zahra yang merupakan salah satu tokoh wanita yang berpengaruh dalam agama Islam.

Melalui tiga tokoh wanita Islam di atas, kita semua dapat belajar bagaimana menjadi seorang wanita Muslimah yang berani untuk berjuang dan mempertahankan ajaran-ajaran Islam.

Sponsored