Wirausaha dan Passion

Wirausaha dan Passion - Motivasinews.com
Source image: brandsvietnam.com

MOTIVASInews.com – Wajah letih tampak jelas di wajah Andre. Ia baru saja pulang kerja dari kantornya di daerah Kota. Lelaki berusia 30 tahun itu mengaku sudah sangat jenuh dan bosan dengan rutinitas pekerjaannya sebagai karyawan di sebuah perusahaan swasta.

“Saya sebenarnya ingin beralih profesi menjadi wirausahawan, tetapi masih bingung mau usaha apa?” katanya. Ia menambahkan, modalnya memang tidak banyak tetapi cukup kalau untuk usaha kecil-kecilan.

Apa yang dirasakan Andre bukanlah hal yang baru. Di jaman yang serba canggih dengan jumlah penduduk dunia yang semakin bertambah, sementara lapangan pekerjaan menyempit, banyak orang menjadikan wirausaha sebagai salah satu alternatif yang dipilih bagi seseorang untuk meraih pendapatan.

Namun, memulai usaha sendiri tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan passion atau hasrat yang selalu ada untuk memicu semangat dalam menjalankan sebuah usaha. Lantas bagaimana mendapatkan passion tersebut?

Hal yang paling sederhana adalah Anda butuh merenung atau flash back atas apa yang telah Anda alami dan capai di masa lalu. Lalu, pilih sebuah benang merah dari apa yang telah Anda anggap suatu kesenangan, bakat, keberhasilan, dan hobi. Misal Anda pernah menjuarai lomba memancing atau menyukai petualangan kuliner.

Namun jika belum menemukan passion Anda, cobalah mencari tahu di laman pencarian internet, mengikuti seminar/training tentang kewirausahaan, membaca majalah atau buku tentang jenis usaha yang ada.

Jika sudah menemukan passion anda, mulailah gali pengetahuan tentang hal itu. Misal jika menyukai dunia memancing, Anda bisa mencari tahu jenis usaha yang ada kaitannya dengan dunia memancing. Contohnya menjual umpan, alat-alat pancing, menyewakan perahu, atau menyediakan kolam pemancingan.

Meski banyak sumber yang mendefinisikan tentang passion, terkadang passion pun datang dari hal yang dekat dan yang kita alami sehari-hari. Seperti yang dialami oleh Nanang, seorang pengusaha kaos anak-anak asal Jakarta ini. Ia mengaku mendapatkan passion untuk usaha menjual kaos anak-anak berasal dari pengalamannya yang ia alami pada anak-anaknya yang berusia taman kanak-kanak.

“Anak saya kalau pakai baju maunya pakai kaos yang gambarnya mobil-mobilan terus. Dari situlah akhirnya saya dapat ide juga untuk jualan kaos anak-anak,” ujarnya. Ia menambahkan, ide usahanya memang berasal dari anaknya, tetapi sebelumnya passion-nya sendiri sudah ia dapatkan yakni mengenai dunia anak-anak.

Lain halnya dengan Lala, ia mendapatkan passion menjalankan usaha berjualan biskuit dari petualangannya minum kopi di banyak coffee shop. “Saat minum kopi di sebuah coffee shop saya juga memperhatikan apa yang disajikan saat minum kopi. Karena saya suka dunia kopi, akhirnya saya membuat usaha biskuit dengan rasa-rasa yang unik untuk ditawarkan ke kafe-kafe atau kedai-kedai kopi untuk disajikan saat sedang ngopi,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain memasukkan produk ke kafe-kafe dan kedai-kedai kopi, ia juga rajin ikut pameran di mall. “Hampir satu bulan sekali saya ikut pameran, buka booth di mall untuk promosi produk,” tutur ibu dua anak ini.

Kode unik: Klik di sini

Sponsored

LEAVE A REPLY