7 Cara Ini Meningkatkan Energi Lebih Efektif Ketimbang Kopi

7 Cara Ini Meningkatkan Energi Lebih Efektif Ketimbang Kopi - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Salah satu cara paling mudah dan cepat untuk meningkatkan energi adalah dengan meminum kopi. Tapi tahukah Anda? Ternyata ada 7 cara yang lebih efektif untuk meningkatkan energi ketimbang kopi? Apa saja itu?

1. Perbanyak Mengunyah

Mengunyah adalah bagian yang sangat penting dari proses pencernaan. Tapi selain itu, dengan  mengunyah juga lebih mempermudah tubuh Anda untuk memecah nutrisi dalam makanan dan mengubahnya menjadi energi, kata Edwina Clark, kepala nutrisi dan konten editorial di Raised Real.

2. Minumlah Satu Cangkir Kopi Lebih Sedikit

Kafein yang ada dalam kopi menghalangi reseptor tertentu di otak Anda dari menerima adenosine, yaitu suatu neurotransmitter yang menyebabkan kelelahan.

“Meskipun kafein mencegah otak Anda menerima adenosine, namun  itu membuat tubuh tetap menghasilkannya,” kata Niket Sonpal, asisten profesor di Touro College of Osteopathic Medicine di New York. Jadi begitu kafein habis, adalah penumpukan adenosin yang menyebabkan Anda lemah. Untuk keluar dari lingkaran itu, pertimbangkan untuk meminum lebih sedikit dosis kopi dan menyebarkannya sehingga Anda tidak meminumnya kembali terus menerus.”

3. Lakukan 250 Langkah Tambahan

Lebih banyak bergerak berarti meningkatkan sirkulasi darah, yang artinya mengurangi jumlah usaha yang harus dilakukan tubuh Anda untuk menjaga sistem tubuh tetap berjalan.

“Dengan hanya menambahkan 250 langkah lebih banyak dalam keseharian Anda setiap minggu, maka Anda melatih otot-otot, sistem energi dan pikiran untuk bergerak lebih banyak dan menjadi lebih baik dalam melakukannya,” kata Menachem Brodie, ahli fisiologi olahraga dan pelatih di Human Vortex Training.

4. Bernapas Dalam-Dalam

Sel-sel Anda membutuhkan oksigen untuk menciptakan energi. Jadi ketika napas Anda lamban, tubuh juga akan mengikutinya.

“Semakin banyak Anda berlatih untuk bernapas dalam-dalam, maka akan semakin alami, dan seiring waktu tubuh Anda akan bernapas dengan cara ini tanpa Anda harus mengingat untuk melakukannya,” kata Dori Gatter, seorang psikolog berlisensi yang berbasis di Connecticut.

5. Tambahkan Dosis Makanan Berserat

Karbohidrat kompleks, yang ditemukan dalam makanan seperti biji-bijian, sayuran, dan kacang-kacangan mengandung glukosa, yang merupakan sumber energi utama untuk otak dan tubuh, kata Lisa Cooper, ahli diet terdaftar di Orlando Health di Florida. Dan karena makanan tersebut juga mengandung serat, maka akan dicerna secara lebih lambat.

6. Periksa Warna Urin Anda

“Ketika Anda mengalami dehidrasi, tekanan darah ikut menurun, denyut jantung meningkat dan aliran darah ke otak melambat – semuanya itu dapat membuat Anda lelah,” kata Sonpal.

Dengan memastikan Anda mendapat asupan H2O yang cukup, maka Anda memastikan tubuh berfungsi dengan baik.

7. Tulis Tiga Hal Baik yang Terjadi Hari Ini

Luangkan waktu untuk merenungkan hal positif dengan menuliskan tiga hal baik yang terjadi selama hari itu, atau menuliskan barang-barang yang Anda Syukuri. Latihan ini dapat mengarahkan pikiran untuk fokus pada apa yang terjadi dalam hidup Anda, menekan hormon stres sambil membantu melindungi cadangan energi Anda.

Pada dasarnya, energi baik itu memang diciptakan, bukan ditunggu.

Sponsored