Apa Iya Menurut Sains Single itu Lebih Baik?

Apa Iya Menurut Sains Single itu Lebih Baik - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Apakah menjadi pria single itu lebih baik? Ya, jawabannya. Kenapa bisa begitu? Ternyata nih, kalau Anda single alias lajang, Anda mungkin punya ikatan sosial yang lebih kuat seperti membantu orang. Setidaknya, itulah menurut sains.

Pernikahan dapat membatasi orang secara sosial, dan tidak selalu berakhir bahagia seperti yang kita rasakan atau harapkan. Dan penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015 juga telah mendukung pemikiran tersebut. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Social and Personal Relationships menemukan bahwa:

 “Individu yang lajang lebih mungkin untuk sering menjalin hubungan, memberikan bantuan, dan menerima bantuan dari orang tua, saudara, tetangga dan teman daripada yang sudah menikah.”

Studi ini menemukan bahwa menjadi single itu ternyata meningkatkan hubungan sosial baik pria dan wanita, dan tren ini tetap bertahan bahkan ketika mempertimbangkan penjelasan struktural dari hubungan sosial.

Para peneliti menyimpulkan bahwa daripada mempromosikan pernikahan, kebijakan publik seharusnya “mengakui kendala sosial yang terkait dengan pernikahan dan mengakui bahwa mereka yang lajang memiliki keterlibatan yang lebih besar dalam komunitas yang lebih luas.”

Studi yang dilakukan pada tahun 2015 ini diungkapkan kembali oleh seorang pembicaraan TEDx pada Mei 2017, di mana ketika itu Bella DePaulo berpendapat bahwa masyarakat sudah meremehkan kehidupan, hubungan dan cerita dari orang lajang. Menurutnya, seringnya yang diceritakan adalah kisah romantis saja, tentang bagaimana dua orang yang menikah bertemu, daripada kehidupan orang-orang yang tidak bergantung pada orang lain.

Lagi pula, penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang menikah tidak berakhir lebih bahagia atau sehat secara psikologis daripada ketika mereka masih single loh…

Sponsored