Apakah Seks Tiap Hari Dapat Menguatkan Hubungan?

MOTIVASInews.com – Dalam kehidupan pernikahan, seks tentu menjadi salah satu faktor yang penting. Selain menjadi kebutuhan biologis manusia, seks juga bisa menjadi tolak ukur untuk mengetahui apakah pasangan masih merasa nyaman dalam sebuah hubungan atau tidak. Melakukan seks tanpa cinta memang bisa saja. Namun cinta tanpa seks perlu juga dipertanyakan.

Sementara itu untuk pasangan yang telah menikah lama, seks bisa menjadi harapan untuk memperkuat hubungan. Tidak salah jika ada pasangan yang mencoba untuk berhubungan seks setiap hari. Segala usaha ditempuh, seperti membeli buku panduan beragam posisi seks, membeli mainan seks, menyalakan lilin ketika bercinta, dan sebagainya.

Namun pertanyaannya, apakah dengan berhubungan seks setiap hari bisa meningkatkan hubungan? Beberapa ahli mengatakan ya, sementara yang lain tidak begitu yakin.

Helen Fisher, PhD, seorang profesor penelitian dan anggota Pusat Studi Evolusi Manusia di Departemen Antropologi di Rutgers University, mengatakan bahwa pasangan memicu gairah seks, asmara, dan kedekatan, diikuti oleh pengaruh beberapa hormon seperti testosteron, dopamin, dan oksitosin. Dan ini didapat dengan aktivitas seksual secara teratur.

Fisher yang juga seorang ahli dalam hubungan seks mengatakan, seks dirancang untuk membuat Anda merasa baik karena suatu alasan. “Dengan seseorang yang Anda cintai, saya menyarankan karena banyak alasan: Seks baik untuk kesehatan Anda dan baik untuk hubungan Anda, juga baik untuk respirasi, otot, dan kontrol kandung kemih. Seks juga berlaku sebagai antidepresan yang baik, dan dapat memperbaharui energi Anda,” kata Fisher.

Lalu bagaimana jika seks diatur oleh jadwal, apakah ini baik bagi hubungan? Tentu saja ini akan menghilangkan sensasi dan kejutan bagi beberapa pasangan. Namun menurut pendiri dan presiden Loveology University dan konselor seks bersertifikat, Ava Cadell PhD, “Pasangan menikah yang mendokumentasikan waktu seks mereka setiap hari adalah contoh yang baik bagi pasangan lain yang ingin meningkatkan hubungan intimasi mereka ke tingkat yang lebih tinggi.” Namun, di lain pihak beberapa ahli justru berpikir bahwa seks yang diatur dengan jadwal bisa menjadi bumerang.

Lada Schwartz, PhD, seorang profesor sosiologi di University of Washington di Seattle, mengatakan, “Entah itu berhasil atau tidak, sebagian besar pasangan tidak bisa melakukan seks tiap hari. Mereka yang mempertahankan jenis jadwal ini entah itu mereka  memiliki nafsu seksual seorang atlet Olimpiade, atau telah menemukan cara untuk tetap dekat secara intim dan pasangannya  memang luar biasa. Saya tidak pernah menemukan pasangan yang selalu dalam suasana hati yang baik, atau memiliki energi setiap hari. Jadi ini adalah contoh yang menarik bagi sedikit orang, dan dipraktekkan oleh lebih sedikit lagi orang.”

Berhubungan seks setiap hari mungkin tidak realistis bagi sebagian besar pasangan, tetapi jika Anda dan pasangan Anda ingin melakukannya untuk meningkatkan kehidupan seks Anda, para ahli menawarkan tips berikut ini:

  • Kenaikan bertahap. Pasangan diharapkan mulai dengan menggandakan frekuensi. Kemudian dua kali lipat lagi dalam waktu enam bulan.
  • Memeriksa kembali kehidupan seks Anda secara sering.
  • Ikuti apa kata gairah Anda.
  • Berpura-pura sampai Anda berhasil. Beberapa ahli setuju: Bahkan jika Anda sedang tidak mood, setelah Anda mulai, Anda akan menikmati seks.
Sponsored