Lakukan 5 Tips Ini Ketika bertemu Hewan Liar di Alam Bebas

Lakukan 5 Tips Ini Ketika bertemu Hewan Liar di Alam Bebas - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Menikmati liburan bersama keluarga tercinta, tentu saja merupakan momen yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Namun bagi sebagian orang, mereka ada yang lebih suka untuk berlibur dengan menikmati suasana di alam bebas, biasanya mereka suka melakukan pendakian gunung, berkemah, melakukan aktivitas outdoor lainnya.

Walaupun dianggap seru dan menantang oleh sebagian orang tetapi tetap saja Anda harus mewaspadai aktivitas-aktivitas hewan liar yang terdapat di daerah tersebut.

Hal ini dikarenakan, bisa saja saat berkemah ataupun melakukan pendakian gunung, Anda sewaktu-waktu bisa berhadapan langsung dengan hewan-hewan liar yang hidup disana seperti beruang dan ular.

Jadi, apa yang sebaik kita lakukan jika bertemu dengan hewan-hewan tersebut saat di alam liar? Berikut hal –hal yang harus dilakukan saat bertemu hewan liar di alam bebas seperti dikutip dari buku berjudul “Look Big: And Other Tips For Surviving Animal Encounters All Kinds.”
Tetap Tenang

Tetap tenang menjadi hal terbaik yang bisa dilakukan oleh Anda saat bertemu hewan liar di alam bebas.

Seperti halnya jika Anda bertemu dengan ular berbisa, hal yang perlu dilakukan adalah tetap tenang dan berikan ruang atau jarak dengan ular tersebut.

Dan, jika Anda tergigit, sangat disarankan untuk tetap tenang dan segera hubungi rumah sakit. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan, panik hanya akan memperburuk keadaan.

Terlihat Besar 

Jika Anda bertatap muka dengan beruang dan hewan buas lainnya. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mencoba untuk terlihat mengesankan seperti berdiri tegak, buka mantel Anda, dan naikkan tas atau ransel Anda ke atas kepala.

Setelah itu, mulainya berteriak, menjerit,  dan melempar barang apa pun yang bisa membuat hewan buas itu takut dan perlahan-lahan menjauhi Anda.

Cara ini sangat baik dikarenakan hewan buas akan menganggap bahwa Anda bukanlah mangsa.

Jangan Berlari

Jika bertemu beruang, harimau, dan hewan buas lainnya, sangat disarankan untuk tidak lari. Hal ini dikarenakan jika Anda berlari, Anda akan dianggap mangsa yang lezat oleh hewan buas tersebut.

Selain itu, berlari pun hanya akan sia-sia dan membuang-buang tenaga Anda saja. Mengapa? Hal ini disebabkan, pada dasarnya hewa-hewan buas tersebut lebih cepat dan bertenaga dibandingkan dengan manusia.

Jangan Terlalu Dekat Bahkan Berfoto dengan Hewan  buas

Hal ini sangat jelas berbahaya bagi diri Anda, seperti kasus yang terjadi menimpa turis asal India. Saat Ia terlalu dekat dan ingin berfoto dengan seekor beruang yang sedang terluka, beruang itu dengan marahnya menganiaya turis tersebut hingga tewas.

Jangan Memberi Makan Hewan Liar

Pada intinya, jangan memberi makan hewan-hewan liar di alam bebas, kecuali memberikan kepada hewan peliharaan Anda.

Hal ini menjadi sangat penting untuk ditaati oleh semua orang, jika Anda sering memberi makan hewan liar, tentu saja hal ini perlahan-lahan akan menghilangkan rasa takut hewan tersebut kepada manusia sehingga bukan hal tidak mungkin hewan liar tersebut akan banyak berkeliaran di pemukiman warga. Jika sudah seperti itu pasti ada saja konflik yang terjadi antara manusia dan hewan seperti penyerangan yang dilakukan oleh sekelompok gajah, serangan harimau, dan juga beruang.

Itulah 5 tips yang bisa Anda lakukan ketika bertemu hewan liar saat menikmati liburan di alam terbuka.

Semoga bermanfaat!

Sponsored