Masjid dan Gereja Berdampingan di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi Papua

Masjid dan Gereja Berdampingan sebagai Simbol Toleransi
Masjid dan Gereja Berdampingan di dalam perut bumi Papua

MOTIVASInews.com –¬†Indonesia memang terkenal dengan penduduknya yang mayoritas memeluk agama Islam. Tak heran bila di Indonesia begitu banyak tempat beribadah umat muslim yaitu masjid. Seluruh masjid yang ada, dari yang bergaya arsitektur kuno hingga masjid termegah terdapat di Indonesia.

Seperti di daerah Papua tepatnya di area pertambangan PT Freeport Papua, terdapat masjid yang berada di dalam tanah dengan kedalaman 1.760 meter perut bumi. Masjid ini bernama Masjid bernama Masjid Baabul Munawwar, meski di dalam perut bumi, areanya cukup luas karena bisa menampung jamaah sebanyak 250 orang.

Masjid dan Gereja Berdampingan di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi Papua - Motivasinews.com

Masjid yang berada di bawah daerah Tembagapura, Timika Papua ini sengaja dibuat untuk para karyawan muslim agar tetap bisa melaksanakan ibadah shalat dengan mudah. Selain itu, disamping masjid ini terdapat juga Gereja Oikumene Soteria. Sengaja tempat ibadah dibuat berdampingan atas usulan para pekerja sebagai simbol toleransi.

Arsitek Masjid ini merupakan seorang lulusan Bina Nusantara yaitu Alexander Mone, sedang strukturnya dikerjakan oleh Andrew Parhusip lulusan ITB. Meski berada  dalam perut bumi, namun udara di dalam masjid tetap terasa nyaman karena sudah di pasang penyedot udara agar udara kotor keluar, sehingga para jamaah nyaman dalam melakukan ibadah.

Sponsored