7 Manfaat dari Tanaman Kamboja

MOTIVASInews.com — Bunga Kamboja yang memiliki nama Latin Plumeria rubra L.cv. acutifolia ini merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah Amerika tropik dan Afrika. Bunga Kamboja dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, ada yang berukuran kecil, ada pula yang tinggi hingga beberapa meter.

Biasanya, bunga Kamboja yang berukuran kecil sering dijadikan sebagai tanaman hias yang ditanam di dalam pot dan diletakkan di rumah.

Ternyata beberapa bagian  tanaman  Kamboja seperti akar, daun, getah, serta kulit pohonnya mengandung senyawa sejenis karet, lupeoltriterpenoid amyrinkautscuk dan damar.

Selain itu, bunga kamboja yang kaya akan kandungan emolien, vitamin E dapat digunakan untuk pengobatan dan bermanfaat untuk kecantikan, terutama perawatan kecantikan kulit. Karena, bunga eksotis ini memberikan sensasi melembabkan, melembutkan, serta menambah nutrisi dan menjaga elastisitas kulit.
Berikut Manfaat dari Bungan Kamboja

  1. Mengobati Bisul

Caranya bisa dilakukan dengan dua metode. Cara pertama menggunakan daun kamboja dan minyak kelapa. Daun kamboja dilemaskan dan diolesi dengan minyak kelapa, kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang ditumbuhi bisul. Setelah kering ganti dengan daun yang lain. Cara kedua, menggunakan getah pohon kamboja. Ambil getah kamboja segar langsung dari pohonnya lalu oleskan pada bagian tubuh yang ditumbuhi bisul.

  1. Mengatasi Bengkak

Bengkak akibat terbentur atau karena beberapa hal lain pada tubuh dapat disembuhkan dengan menggunakan kulit pohon Kamboja. Caranya cukup dengan menumbuk kulit pohon tersebut hingga hancur, lalu rebus dengan air hingga mendidih. Kemudian rendam bagian tubuh yang bengkak pada air rebusan tersebut.

  1. Frambusia

Penyakit Frambusia dikenal juga dengan sebutan Puru yang disebabkan oleh bekas luka yang kemudian menjadi gatal dan semakin parah. Cara yang digunakan untuk sakit ini Cara pertama menggunakan daun kamboja dan minyak kelapa. Daun kamboja dilemaskan dan diolesi dengan minyak kelapa, kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Setelah kering ganti dengan daun yang lain.

  1. Kencing Nanah (Gonorrhea)

Penyakit ini tergolong penyakit parah yang terkadang sulit disembuhkan. Namun bunga Kamboja dapat mengatasinya. Caranya adalah dengan merebus satu potong akar Kamboja dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Lalu air ramuan tersebut diminum satu kali sehari sebanyak 1 cangkir. Lakukan secara rutin.

  1. Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Cara untuk penyakit ini cukup mudah. Hanya dengan mengambil getah pohon bunga Kamboja, lalu ambil dengan kapas dan masukkan ke dalam gigi sakit karena berlubang.

  1. Menghilangkan Tahi Lalat

Mungkin ada sebagian orang yang tidak menyukai adanya tahi lalat pada tubuhnya hingga ingin menghilangkannya. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara yang alami. Yaitu dengan menempelkan getah pohon Kamboja pada tahi lalat. Lakukan secara rutin hingga tahi lalat menghilang dengan sendirinya. Namun, berhati-hatilah. Karena getah Kamboja bersifat sangat tajam dan dapat merusak kulit normal. Maka dalam penggunaannya jangan sampai terkena ke bagian kulit yang lain.

  1. Menghilangkan kutil

Kutil memang mengganggu penampilan dan banyak orang yang tidak menyukainya, bahkan beruaha untuk melenyapkannya. cara alami yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan getah pohon Kamboja caranya sama dengan cara di atas.

Penulis : erison a

Tips Berpakaian Agar Terlihat Lebih Langsing

Sponsored