Apakah Jalan 1km akan Membakar Kalori yang Sama dengan Lari 1km?

Apakah Jalan 1km akan Membakar Kalori yang Sama dengan Lari 1km - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Anda rutin jalan kaki karena ingin membakar kalori. Anda lari pun karena ingin membakar kalori. Tapi jika Anda berpikir kalau jalan 1km akan membakar kalori yang sama dengan lari 1km, maka Anda salah besar.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Medicine and Science in Sports and Exercise, pendapat tadi sangat, sangat salah. Kenapa begitu? Karena berlari 1 km akan membakar kalori 50 persen lebih banyak daripada berjalan dengan jarak yang sama.

Sederhananya, energi yang diperlukan untuk memulai gerakan lari lebih banyak daripada hanya jalan kaki, karena pada dasarnya 2 aktivitas tersebut menggunakan sistem energi yang berbeda.

“Tindakan otot yang mendorong Anda dari titik A ke B membutuhkan sebuah penggunaan yang disebut Adenosin Triphosphate (ATP),” jelas Janet Hamilton, ahli fisiologi olahraga dan pelatih lari dari RunningStrong ketika berbicara dengan Runners World. “Tubuh Anda hanya menyimpan jumlah ATP yang terbatas (cukup hanya untuk beberapa detik aktivitas), sehingga tubuh perlu mengisi pasokan itu, dan melakukannya dengan memetabolisme bahan bakar yang tersimpan (glikogen dan lemak). Proses pembuatan energi yang dapat digunakan (ATP) dari bahan bakar yang tersimpan (glikogen dan lemak) tergantung pada seberapa banyak yang Anda butuhkan dan seberapa cepat Anda membutuhkannya.”

Jika suatu aktivitas lebih intens, maka akan membutuhkan lebih banyak ATP. Berjalan sendiri kurang intens dibandingkan dengan berlari, karena berjalan membutuhkan lebih sedikit produksi ATP, dan karenanya lebih sedikit energi untuk memulai gerakan.

Penelitian lebih lanjut yang diterbitkan dalam The Journal of Strength & Conditioning Research menunjukkan kalau berlari juga terus membakar lebih banyak kalori pasca latihan daripada berjalan, karena menciptakan efek afterburn.

“Semakin besar intensitas dan volumenya, semakin banyak kalori yang akan dibakar setelah latihan selesai,” jelas Iain Hunter, seorang profesor ilmu olahraga di Brigham Young University.

Untuk jarak yang sama, menurut CNN, seorang pria dengan berat 90kg akan membakar 113 kalori dengan jalan sepanjang 1 mil (1.6km), dan 151 kalori jika lari.

Sponsored