Benarkah Berjemur Bisa Bikin Cepat Kurus?

Benarkah Berjemur Bisa Bikin Cepat Kurus - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Kenapa kira-kira Anda tambah gemuk ketika musim dingin atau musim hujan? Banyak yang beranggapan karena kita menjadi banyak makan dan kurang olahraga.

Itu memang terdengar masuk akal, namun berbeda menurut para ilmuwan di University of Alberta yang berpikir kalau penyebabnya adalah karena kekurangan sinar matahari. Khususnya buat mereka yang mengalami musim dingin atau salju.

Benarkah Berjemur Bisa Bikin Cepat Kurus - Motivasinews.com

Periset mendapatkan temuan tersebut saat mereka sedang menyelidiki bagaimana sel-sel lemak bioengineer memproduksi insulin sebagai respons terhadap cahaya, untuk membantu pasien diabetes tipe 1.

Mereka melihat tetesan lipid di sel-sel di dekat permukaan kulit menyusut saat terkena cahaya. Implikasinya adalah ketika terkena cahaya biru yang dipancarkan oleh sinar matahari, sel-sel tersebut akhirnya menahan sedikit lemak.

Ketika menulis tentang penelitian ini, Peter Light, penulis senior studi dan direktur Institut Diabetes di Alberta University mengatakan:

“Ini masih awal, dan bukan lompatan yang sangat besar untuk menduga bahwa cahaya yang mengatur irama sirkadian kita, yang diterima melalui mata kita, mungkin juga memiliki dampak yang sama melalui sel lemak di dekat kulit kita.

Itulah mengapa Anda tidak seharusnya melihat perangkat digital sebelum tidur karena itu memancarkan cahaya biru yang sama seperti matahari, yang memberi sinyal untuk kita terbangun,” jelasnya.

Jalur itu – sinar matahari yang mengarahkan pola tidur dan bangun kita – mungkin juga bertindak dengan cara sensorik, dan mengatur jumlah lemak yang dibakar manusia bergantung pada musimnya. Anda bertambah gemuk di musim dingin, lalu membakarnya di musim panas.”

Ini memang kabar baik, namun para periset juga menekankan bahwa ini masih menjadi “pengamatan awal pertama” mereka. Dan tentu perlu Anda ingat, paparan sinar matahari yang terlalu lama juga tidak sehat dan bisa merusak kulit Anda loh… Jadi pastikan untuk menggunakan tabir surya ya kalau Anda mau berjemur.
Sponsored