Cara Alami Hilangkan Kecemasan dengan 10 Makanan Ini

Cara Alami Hilangkan Kecemasan dengan 10 Makanan Ini - Motivasinews.com
Source image: Healthful Articles

MOTIVASInews.com – Memang kecemasan itu bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik itu internal maupun eksternal. Tapi tahukah Anda kalau ada cara alami untuk mengatasinya? Dan belum banyak orang yang tahu loh soal ini…

Salah satu alasan mengapa makanan yang Anda makan menentukan suasana hati adalah kadar gula dalam darah, apakah itu terlalu banyak atau terlalu sedikit gula. Dan ini bisa menentukan apakah otak Anda stres atau tidak.

Kenaikan gula darah yang tajam membuat Anda merasa baik secara mental, tetapi jangan salah juga karena gula darah tinggi yang persisten dapat berbahaya dan mengarah pada komplikasi seperti hiperglikemia. Itulah sebabnya mengapa tubuh memiliki cara cepat dan efektif untuk mengembalikan gula darah, yaitu menggunakan insulin.

Berikut 10 makanan yang bisa menenangkan diri Anda:

1. Karbohidrat kompleks

“Makanan cepat saji” yang kaya nutrisi — kentang manis, ubi jalar, pisang raja, beras merah, quinoa, kacang, kacang lentil — mengandung serat tinggi dan karbohidrat rendah yang dikenali tubuh Anda dan mudah dicerna.

2. Telur

Telur tidak hanya sumber protein yang lengkap, tapi juga mengandung lesitin dan kolin yang dibutuhkan tubuh untuk fungsi metilasi dan sistem saraf yang tepat.

3. Kenari dan biji rami

Makanan kaya omega-3 (termasuk kacang, biji-bijian, dan ikan seperti ikan sarden dan salmon) mengurangi peradangan dan telah terbukti mengurangi kecemasan, baik untuk penyalahguna obat-obatan dan pada dewasa muda yang sehat.

4. Teh

L-theanine dalam teh adalah senyawa penghilang stres yang mengikat reseptor GABA dan menginduksi perubahan dalam gelombang otak sebagai indikasi relaksasi. Jadi ya, teh akan membuat Anda lebih rileks.

5. Kaldu tulang

Kaldu tulang mengandung glisin yang dan asam amino yang memiliki sifat menenangkan.

6. Tiram

Seng (Zinc) memainkan peran besar dalam sistem kekebalan dan saraf. Mereka yang mengalami kecemasan memiliki kadar seng plasma dan tingkat tembaga (copper) yang lebih rendah secara signifikan.

7. Cobalamin

Cobalamin atau vitamin B12, adalah nutrisi penenang yang berperan besar dalam metilasi, sintesis neurotransmitter, dan fungsi saraf. Penurunan kadar vitamin B12 pada otak telah terbukti berkontribusi terhadap gangguan perkembangan saraf dan neuropsikiatrik.

8. Sayuran berdaun hijau

Tubuh Anda menggunakan magnesium dalam lebih dari 300 reaksi biokimia yang berbeda, termasuk pelepasan neurotransmitter dan fungsi saraf. Kekurangan magnesium telah terbukti menginduksi kecemasan. Jadi, mengkonsumsi sayuran hijau jelas bisa menenangkan Anda.

9. Oat 

Ayam kalkun dan pisang bukanlah satu-satunya makanan yang mengandung triptofan (prekursor serotonin dan melatonin). Oat juga mengandung triptofan, ditambah memiliki manfaat tambahan karena penuh vitamin B dan banyak serat juga.

10. Minyak kelapa dan grass-fed ghee

Otak Anda terbuat dari lemak, begitu juga selubung mielin yang melapisi semua syaraf Anda. Berikanlah otak dan saraf Anda minyak kelapa dan grass-fed ghee. Tak cuma itu, MCT (medium-chain triglycerides) yang ditemukan dalam minyak kelapa telah terbukti meningkatkan fungsi kognitif.

Nah, itulah 10 jenis makanan yang secara ilmiah sudah terbukti bisa menjauhkan Anda dari kecemasan. Tentu tak perlu mengkonsumsi semuanya, tinggal pilih saja mana yang kira-kira Anda suka.
Sponsored