Daging Babi Aman Dikonsumsi Asalkan

Daging Babi Aman Dikonsumsi Asalkan - Motivasinews.com
Source image: netralitas.com

Motivasinews.com – Sempat merebaknya kabar virus meningitis yang ditularkan melalui daging babi tidak meresahkan masyarakat Kabupaten Jembrana, Bali. Pada saat perayaan Hari Raya Galungan, mereka masih tetap akan memakan┬ádaging babi. Daging babi aman dikonsumsi asalkan disembelih dengan cara yang benar dan dalam kondisi yang sehat serta dimasak dengan matang.

Dari hasil pantauan di lapangan pada hari Senin, (03/04) tradisi menyembelih babi ramai-ramai atau “mepatung” tetap akan dilakukan, dan masyarakat Bali mengaku tidak takut dengan virus meningitis, dengan alasan kondisi babi yang disembelih oleh mereka dalam keadaan yang sehat serta diolah dan masak dengan matang.

“Kami juga mengajak masyarakat tidak takut mengkonsumsi daging babi. Sepanjang babi yang disembelih sehat, tidak akan kena meningitis,” kata Komang Suarjana, salah seorang warga di Kecamatan Mendoyo.

Komang mengaku, cara mengelolah daging babi tetap sama halnya seperti pada saat peringati Hari Raya Galungan sebelumnya, termasuk salah satunya adalah dengan membuat sejenis lauk sayuran yang dicampur dengan darah babi segar atau biasa disebut “lawar barak”.

Jero Mangku Suardana, salah satu warga lainnya mengatakan, masyarakat tidak terlalu serius dalam menanggapi hal penularan virus meningitis dari babi ke manusia, sehingga pada saat perayaan hari raya masyarakat tidak mengurangi mengonsumsi daging tersebut.

Pria yang juga Pemangku Pura Tirtha Lan Segara Dang Kahyangan Luhur Rambutsiwi itu menambahkan, warga Bali tidak perlu khawatir dan harus menguatkan niat baik dalam penyembelihan babi sebagai sebuah kurban suci yang berkaitan dengan Hari Raya Galungan.

“Selain itu, pemerintah juga pasti tidak akan tinggal diam dengan adanya isu penularan virus meningitis tersebut. Aparat pemerintahan memantau dan memeriksa babi di Jembrana,” lanjutnya.

Sebagai pembuktian jika mengonsumsi daging babi yang dipotong dengan cara yang benar dan dalam keadaan tidak sakit tidak akan terjangkit virus meningitis, para warga marak memposting foto di saat mereka sedang makan dan memotong babi ke dalam media sosial.

Kode unik: M#kesehatan24

Sponsored