Ini Fakta Ilmiah DNA Manusia yang Tidak Pernah Anda Duga

Ini Fakta Ilmiah DNA Manusia yang Tidak Pernah Anda Duga - Motivasinews.com
Source image: Daily mail

MOTIVASInews.com – Tahu gak sih, tubuh kita itu memiliki 3 milyar unsur genetik, yang menjadikan kita seperti sekarang. Menariknya dari 3 milyar itu, hanya sedikit unsur yang unik. Artinya, secara genetis ada sekitar 99,9% makhluk atau hal lain yang gennya itu mirip dengan manusia.

Dalam TED Talk baru-baru ini, seorang fisikawan dan pengusaha Riccardo Sabatini menunjukan kalau diibaratkan versi cetaknya, seluruh kode genetika manusia itu terdiri dari sekitar 262.000 halaman, atau setara 175 buku besar. Nah dari halaman-halaman itu, hanya sekitar 500 yang membuat manusia unik.

Ini karena bagian besar genom kita berfungsi serupa dengan seluruh angota kerajaan hewan.

Penemuan ilmiah ini akan menyadarkan kita betapa miripnya kita secara genetis dengan banyak hal yang ada di sekitar kita:

• Manusia itu 99,9% mirip dengan orang yang duduk di sebelahnya. Bagian dari gen tersebut memberi tahu kita segalanya, mulai dari warna mata kita sampai apakah kita itu rentan terhadap penyakit tertentu atau tidak.

• Sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa simpanse – kerabat evolusioner terdekat kita – secara genetis 96% mirip dengan manusia.

• Kucing itu ternyata mirip dengan manusia melebihi dari yang kita pikir. Sebuah studi tahun 2007 menemukan bahwa sekitar 90% gen pada kucing domestik Abyssinian mirip dengan manusia.

• Soal gen protein-encoding, tikus itu ternyata 85% mirip dengan manusia. Untuk gen non-coding, hanya sekitar 50%. National Human Genome Research Institute menghubungkan kemiripan ini sejak 80 juta tahun yang lalu.

• Hewan ternak berbagi sekitar 80% gen mereka dengan manusia, menurut laporan tahun 2009 di jurnal Science.

• Menyangkut DNA serangga, manusia memiliki sedikit kesamaan. Sebagai contoh, lalat buah berbagi 61% gen penyebab penyakit dengan manusia, dimana ini penting ketika NASA mempelajari serangga untuk meneliti lebih lanjut tentang pengaruh perjalanan ruang angkasa terhadap gen manusia.

• Sementara tubuh hewan bertelur dan berbulu sangat berbeda dari manusia. Hanya sekitar 60% gen ayam memiliki kesamaan dengan gen manusia.

• Yang mengejutkan, bahkan pisang ternyata berbagi sekitar 60% DNA yang sama dengan manusia!

Wah sekarang kita bisa melihat sapi, kucing, bahkan pisang dengan cara yang berbeda ya…

Sponsored