Inilah Kenapa Pria Beruban Sebelum Waktunya

Inilah Kenapa Pria Beruban Sebelum Waktunya - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Beruban sendiri pada dasarnya adalah salah satu aspek fisik dari proses penuaan alami, yang ditandai proliferasi abu-abu di rambut kita. Folikel-folikel yang ada juga ikut menua. Ketika kita bertambah usia, folikel rambut kita menghasilkan lebih sedikit melanin yaitu pigmen yang memberi warna alami pada rambut. Ini yang kemudian membuat kita beruban. Wajar kalau beruban ketika waktunya, lalu bagaimana jika pria beruban sebelum waktunya? Padahal katakanlah usianya masih 20-an.

Seperti dilaporkan Power of Postivity, tidak semua orang memiliki sifat fisik yang sama. Para ilmuwan juga masih belum punya cukup penjelasan untuk itu. Namun satu konsensus sudah dicapai, bahwa faktor genetik adalah penyebab kenapa pria (dan juga wanita) menjadi beruban sebelum waktunya.

Biasanya, Kaukasia mulai beruban di pertengahan 30-an; Orang Asia berusia 30-an; Afrika-Amerika di pertengahan 40-an. Menurut WebMD, lebih dari separuh dari semua orang memiliki “jumlah rambut abu-abu yang signifikan pada saat mereka berusia 50 tahun.”

Untuk orang berkulit putih, “uban prematur” biasanya terjadi pada usia 20, sedangkan 30 untuk orang kulit hitam.

Lebih jauh lagi, cepatnya seseorang beruban juga bisa dikarenakan gaya hidup loh. Berikut adalah 4 alasan seseorang bisa beruban sebelum waktunya.
1. Kondisi medis

Penyakit-penyakit autoimun secara efektif menyerang sel-sel di dalam tubuh, dan ini termasuk folikel-folikel rambut, yang memungkinkan terjadinya penuaan dini. Menurut WebMD: “kekurangan vitamin B-12 atau masalah dengan kelenjar pituitari atau tiroid juga dapat menyebabkan penuaan dini.”

2. Merokok

Menurut salah satu dokter kulit terkemuka: “Merokok adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan pada kulit dan rambut Anda … Anda mungkin tidak dapat melihat keriput di kulit kepala, tetapi itu masih mempengaruhi semua folikel rambut.”

3. Stres kronis

Meskipun ada sedikit perdebatan tentang hal ini, beberapa penelitian telah menemukan korelasi antara stres dan uban. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh ahli biologi seluler di New York University, dan diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine, peneliti mengamati berkurangnya folikel rambut melalui pengurangan sel induk pada tikus yang ditempatkan dalam kondisi stres.

4. Kekurangan Vitamin

Seperti yang sudah disebutkan, kekurangan vitamin B12 dapat mempercepat uban rambut. Vegetarian dan vegan, karena pembatasan diet mereka, mungkin juga berisiko lebih besar untuk beruban prematur. Mereka yang menggunakan pil KB, dan mereka yang bermasalah dengan pencernaan juga berisiko lebih tinggi untuk beruban lebih cepat.

Sponsored