Menjaga Kesehatan Rambut yang Diwarnai

Menjaga Kesehatan Rambut yang Diwarnai - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Mewarnai rambut memang seru, namun sayangnya proses pewarnaan akan menyebabkan lapisan pelindung di bagian terluar rambut menjadi terpisah dari batangnya sehingga mengakibatkan rambut menjadi bercabang, kering dan bisa mengakibatkan kerontokan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, berikut terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan kerusakan rambut akibat mewarnai rambut.

Jangan Keramas Terlalu Sering

Jeni Thomas , Ph.D., adalah ilmuwan senior untuk brand Pantene mengatakan bahwa 80 persen warna rambut memudar lebih cepat diakibatkan membersihkan rambut terlalu sering setelah pewarnaan dilakukan.

Bahan kimia yang terdapat dalam cat rambut akan membuat rambut menjadi lebih berpori sehingga tidak hanya membuat helai rambut menjadi mudah menyerap, namun juga mengakibatkan rambut menjadi lebih mudah untuk melepaskan kelembaban alaminya. Akibatnya tidak hanya membuat molekul warna lebih cepat menguap setiap kali rambut dibersihkan namun juga menyebabkan rambut menjadi kering akibat rambut yang kehilangan kelembaban alaminya.

Sebaiknya menunda untuk membersihkan rambut setelah pewarnaan minimal selama 48 jam setelah pewarna dilakukan. Selain itu, disarankan untuk tidak keramas lebih dari 3 kali dalam seminggu untuk memberikan waktu bagi rambut untuk melepaskan minyak alaminya yang akan memberikan kelembaban alami pada rambut yang akan mengurangi kekeringan pada rambut.

Jangan Melupakan Kondisioner

Shampo berfungsi untuk membersihkan rambut dari debu dan kotoran yang menempel sedangkan conditioner akan membantu rambut menjaga kelembaban alaminya. Sebaiknya Anda menggunakan conditioner yang khusus untuk rambut berwarna seperti color-depositing yang diformulasikan khusus untuk meningkatkan pigmen warna pada rambut sehingga menghasilkan tampilan warna rambut yang terlihat lebih bersinar.

Jika Anda sanggup cobalah untuk tidak menggunakan shampo selama berapa hari dan gunakan conditioner sebagai pengganti shampoo. Cara adalah dengan mengaplikasikan conditioner secara merata dan biaarkan selama lima menit sebelum dibilas hingga bersih.

Minimalkan Penggunaan Hair Dryer

Menggunakan hair dryer setelah pewarnaan dilakukan hanya akan semakin memperparah kekeringan yang terjadi di rambut. Panas yang dikeluarkan oleh hair dryer akan menghilangkan pewarnaan rambut lebih cepat dan juga akan menghilangkan protein alami dalam rambut sehingga menyebabkan rambut Anda akan berubah menjadi rambut singa yang memiliki tekstur kasar dan mengembang tidak beraturan.

Sebaiknya biarkan rambut kering secara alami. Apabila Anda terpaksa menggunakan hair dryer agar rambut bisa kering lebih cepat maka aplikasikan leave in conditioner sebelumnya. Leave in conditioner akan melindungi rambut dari suhu panas yang berasal dari hair dryer.

Gunakan Air Dingin untuk Mencuci Rambut

Air dingin akan mempertahankan warna rambut lebih lama serta akan membuat rambut mejadi lebih sehat dan berkilau. Sebaliknya mencuci rambut menggunakan air panas akan menurunkan produksi minyak alami rambut dan akan menyebabkan kulit dan pori-pori kepala menjadi kering yang pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan pada akar rambut yang bisa berakhir pada kerontokan rambut.

Lakukan Deep condition secara Rutin

Deep condition berfungsi untuk mengembalikan kelembaban alami rambut yang hilang akibat proses pewarnaa. Anda bisa melakukan deep condition dengan menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun, kelapa atau almond setiap satu minggu sekali.

Caranya cukup mudah yaitu dengan memanaskan ΒΌ cangkir minyak zaitun, kelapa atau almond dengan menggunakan panic hingga mengcapai suhu hangat. Setelah itu aplikasikan ke kulit kepala dan ratakan. Bungkus kepada dengan menggunakan shower cap biarkan selama 30 menit lalu cuci rambut dengan menggunakan sampo hingga bersih.

Perlu diperhatikan Anda tidak boleh melakukan deep condition lebih dari 30 menit karena lebih dari itu akan membuat akar rambut menjadi rapuh sehingga bisa menyebabkan kerontokan pada rambut.

Gunakan Serum Rambut

Serum rambut di aplikasikan pada saat rambut dalam keadaan setengah basah setelah selesai keramas agar kandungan serum dapat meresap lebih baik ke dalam batang rambut. Serum yang kaya akan vitamin berfungsi secara lebih intensif akan memperbaiki kondisi rambut yang kering dan rusak.

Perawatan Rambut Sebelum Kembali diwarnai

Anda perlu melakukan persiapan selama beberapa minggu sebelum kembali melakukan pewarnaan pada rambut. Selama beberapa minggu secara rutin gunakan masker rambut dan lakukan deep conditioning untuk mempersiapkan rambut menerima kandungan bahan kimia yang terdapat dalam produk pewarna rambut.

Kemudian, dua hari sebelum pewarnaan dilakukan, bersihkan rambut dengan keramas menggunakan clarifying shampoo. Clarifying shampoo akan membantu untuk membersihkan kepala dari sisa-sisa zat kimia yang menumpuk di kepala serta melindungi akar rambut dari kerusakan parah akibat bahan kimia yang terdapat dalam cat rambut.

Perawatan rambut yang dilakukan secara konsisten akan menghasilkan perubahan yang sempurna yang tidak hanya membuat rambut terlihat lebih sehat, lembut dan berkilau namun disisi lain perawatan rambut akan meningkatkan daya serap rambut terhadap pigmen warna menjadi lebih baik sehingga warna rambut baru akan semakin terlihat berkilau.

(Dari berbagai sumber)

Kode unik: KLIK di sini

Sponsored