Penyebab Kelopak Mata Bengkak

MOTIVASInews.com – Blefaritis adalah peradangan pada tepi kelopak mata yang menimbulkan bengkak. Penyakit ini umumnya menyerang kedua mata, tetapi kadang satu mata lebih bengkak dibanding yang satunya.

Penyebab blefaritis adalah bakteri. Penyakit ini tidak tergolong serius, namun membuat si penderita menjadi tidak nyaman.

Penyakit Blefaritis dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:

  • Blefaritis Anterior, yaitu tipe yang mengenai kulit disekitar bulu mata. Penyebabnya adalah bakteri staphylococcus dan juga ketombe pada kulit kepala.
  • Blefaritis Posterior, yaitu tipe yang mengenai kelopak mata bagian dalam. Penyebabnya adalah penyumbatan serpihan kulit, kotoran, dan inflamasi pada kelenjar meiboman.

Jika blefaritis tidak segera ditangani maka akan menyebabkan komplikasi-kompliasi seperti bulu mata rontok, luka pada kelopak mata, muncul bintit atau benjolan di kelopak mata, tumbuhnya bulu mata yang tidak normal.

Gejala-gejala

Gejala blefaritis ditandai oleh kelopak mata yang membengkak dan memerah. Selain itu si penderita akan merasa tidak nyaman, karena terasa gatal dan panas. Pertumbuhan pada bulu mata juga tidak normal, kadang menjadi berkerak atau berminyak. Penglihatan juga menjadi buram dan mata menjadi sensitif ketika melihat sinar matahari.

Diagnosa

Untuk mendiagnosis blefaritis dokter akan melakukan pemeriksaan pada kelopak mata si pasien dengan menggunakan alat khusus untuk melihat lebih detail. Kemudian dokter akan meneliti sampel kerak atau minyak yang ada pada kelopak mata untuk memastikan adanya jamur atau bakteri.

 Pengobatan Blefaritis

Pengobatan blefaritis yang sederhana bisa dilakukan dengan cara membersihkan kelopak mata dengan air bersih kemudian mengompreskan air hangat agar terhindar dari kerak dan tetap bersih. Obat antibiotik yang umumnya akan disarankan oleh dokter berupa pil/tablet yang diminum, obat tetes mata, dan salep. Selama menjalani pengobatan blefaritis dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan tuna, sarden, salmon, kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran hijau.

Pencegahan

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah blefaritis, antara lain:

  • Membersihkan wajah jika habis dari luar dan setiap mau tidur.
  • Tidak menggosok mata jika merasakan gatal-gatal.
  • Mencuci tangan dengan bersih, agar terhindar dari bakteri ketika hendak menyentuh mata.
Sponsored

LEAVE A REPLY