Saat Liburan Natal & Tahun Baru 2017, Waspada Penyakit Diabetes.

MOTIVASInews.com – Libur Natal & Tahun Baru 2017 dimanfaatkan banyak orang sebagai ‘aji mumpung’. Salah satunya bebas melahap bebagai makanan lezat yang ditemui saat liburan tanpa memikirkan dampak selanjutnya bagi kesehatan.

Kecenderungan ini, kata dokter spesialis penyakit dalam RS. Evasari Jakarta, Tirza Gwendoline Matulessy, dapat memicu berbagai penyakit, salah satunya kenaikan gula darah atau diabetes. Bahkan Ia menyebut tak sedikit orang yang baru menyadari dirinya mengalami diabetes setelah menjalani pola makan tak terkontrol selama liburan.

“Kebanyakan penyakit yang tadinya nggak ketahuan jadi ketahuan setelah makan enak yang tidak terkontrol saat liburan,” ujar dr Tirza pada temu media di RS. Evasari Jakarta, Jumat (23/12/2016).

Pada kasus kenaikan gula darah yang drastis saat disadari pertama kali, biasanya seseorang akan mengalami gejala keringat dingin atau penglihatan yang tiba-tiba buram.

“Bisa juga gejalanya berat badan turun drastis, buang air kecilnya jadi lebih banyak di malam hari misalnya 3 kali, terus mudah merasa haus. Ini harus waspada gula darah naik,” tambah dia.

Kondisi diabetes akan sangat mengancam nyawa jika seseorang tidak menyadari bahwa penyakitnya telah menyebabkan komplikasi ke organ lainnya. Komplikasi bisa berupa serangan jantung, stroke dan gagal ginjal.

“Jadi walau liburan harus tetap jaga pola makan. Seimbangkan makanan enak-enak itu dengan sayur dan buah. Olahraga juga tetap harus rutin dan istirahat yang cukup. Bagi yang sudah diabetes seharusnya obatnya tetap diminum secara rutin,” pungkas dia.

Penulis: Dwi Priyanto

Sponsored