Sembuhkan Cacar Air dengan Daun Jambu Mawar

MOTIVASInews.com – Jambu Mawar atau Jambu Kraton (Syzygium jambos) adalah jenis jambu yang berasal dari Asia Tenggara. Jambu Mawar merupakan tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Jambu ini juga memiliki aroma yang cukup wangi seperti mawar.

Jambu Mawar, tepatnya berasal dari Malaysia kemudian menyebar ke daerah tropika lainnya. Pohon jambu mawar dapat tumbuh subur mulai dari pinggir pantai hingga ke ketinggian 1.200 mdpl.

Tinggi pohon jambu mawar hingga 10 meter dan memiliki daun yang lonjong lanset berujung runcing serta memiliki warna hijau. Buahnya berbentuk bulat, dan berwarna merah bila masak. Daging pada buah jambu mawar tergolong kering, tidak seperti jambu air, dan harum beraroma mawar.

Kandungan gizi dari buah jambu mawar ini yaitu vitamin B, vitamin C, protein, lemak, karbohidrat, serat, abu, karotena, pektin, minyak atsiri, saponin, polifenol, flavonoida.

Buah Jambu Mawar biasa digunakan sebagai obat untuk mencegah kebiasaan ngompol pada anak-anak. Untuk mengatasi kebiasaan ngompol digunakan ± 10 buah jambu mawar, setelah itu dicuci dan dicacah halus, lalu diberi sepotong kecil gula jawa dan direbus dengan 1 gelas air sampai air rebusannya tinggal setengah, dinginkan dan disaring. Hasil saringan diminumkan sekaligus.

Daun Jambu mawar berkhasiat sebagai obat cacar air pada kulit. Caranya dengan menumbuknya sampai halus, campur sedikit air setelah itu gosokkan ke seluruh badan serta muka. Penyembuhan alami dengan daun ini dapat dibuktikan bisa menyingkirkan cacar air serta bisa mengobati bekas-bekas cacar air di kulit. Anda tak perlu cemas saat mengusapkannya ke muka, lantaran jambu mawar tidak memiliki dampak yang berisiko untuk kulit muka.

Penulis : erison a

Sponsored