3 Makanan Khas Solo Yang Menggugah Selera

nasi-liwet

MOTIVASInews.com — Kota Solo atau ada juga yang menyebut dengan Surakarta adalah wilayah Jawa Tengah yang terletak di sebelah timur. Selain terkenal dengan kebudayaannya yang sangat kental, Solo juga memiliki berbagai macam makanan khas Jawa Tengah yang bisa dinikmati. Ciri makanan atau masakan khas Solo adalah bercita rasa manis.

Inilah 3 makanan khas Solo yang menggugah selera dan bisa Anda cicipi saat berkunjung ke Solo :

Nasi Liwet

Nasi Liwet, sebenarnya nasi liwet tidak berbeda jauh dengan nasi-nasi lainnya. Namun yang istimewa adalah isinya dan rasanya. Dalam satu porsi nasi liwet terdapat telur, irisan ayam, sayur labu siam (weloh), dan kuah khas nasi liwet (areh). Untuk menyajikannya, biasanya para pedagang menggunakan piring bambu yang lapis dengan daun pisang. Untuk mendapatkan nasi liwet Anda tak perlu bingung, karena sudah banyak yang menjualnya. Salah satu yang paling terkenal adalah nasi liwet wongso lemu yang berada di Jalan Teuku Umar, Keprabon.

Tengkleng

Tengkleng adalah makanan khas solo Jawa Tengah. Karena bahan utama yang digunakan adalah daging kambing sehingga lebih dikenal dengan tengkleng kambing. Mungkin sekilas mirip dengan gulai kambing, namun sebenarnya sangatlah berbeda. Jika gulai berkuah kental, karena menggunakan santan yang cukup banyak. Tengkleng kambing Solo memiliki kuah yang lebih encer. Daging dan tulang kambing sekaligus digunakan untuk bahan utama tengkleng.

Sate Kere dan Sate Buntel

Kere dalam bahasa Indonesia artinya miskin, tapi bukan berarti sate kere artinya sate miskin. Maksudnya adalah sate yang dijual dengan harga murah muriah sehingga dinamakan sate kere. Sate kere terbuat dari potongan tempe gembus dan ditusuk dengan tusuk sate. Rasa gurih dan manis, karena adanya campuran bumbu bacem yang dibakar diatas arang hingga matang. Rahasia kenapa sate kere enak yaitu penggunaan bumbu kacang yang membuat rasanya gurih. Satu lagi makanan khas solo yaitu sate buntel. Dinamakan sate buntel karena berbeda dengan sate lainnya. Sate buntel dibuat dari cincangan daging kambing yang dilapisi lemak kemudian dibuntel atau dibungkuskan pada tusuk sate, lalu dibakar.

Sponsored