Aneh tapi Nyata, Kotoran Manusia Jadi “Steak” di Jepang

steak

MOTIVASInews.com РSteak merupakan salah satu kuliner yang pengolahanya dengan cara dibakar di atas bara dan menjadi makanan yang banyak digemari para pecinta kuliner. Steak biasanya terbuat dari daging sapi dan sekarang ini ada yang terbuat dari daging ayam dan ikan. Tapi tahukah Anda? Di Jepang terdapat Steak yang terbuat dari kotoran manusia.

Munculnya ide mengubah tinja menjadi makanan, untuk mengantisipasi masalah kurangnya bahan makanan di masa depan sehingga terobosan tersebut dianggap sangat tepat mengingat kotoran manusia selalu ada dan tidak pernah habis.

Menurut penelitian di jepang terhadap daging buatan yang berbahan kotoran manusia itu dan hasilnya adalah meskipun kotoran manusia mengandung bakteri namun ternyata bakteri itu tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh karena akan mati setelah adanya proses pemanasan pada manufaktur.

Mitsuyuki Ikeda merupakan peneliti  dari Okayama Laboratory yang menciptakan steak berbahan tinja ini. Dia menemukan bahwa kotoran manusia ternyata mengandung protein yaitu 63 persen protein, 25 persen karbohidrat, 3 persen lemak serta 9 persen mineral.

Ikeda bersama tim risetnya mengekstraksi protein tersebut untuk menciptakan daging artifisial. Rasa dari daging buatan itu ternyata sama dengan rasa daging sapi dan malah lebih enak karena dalam pembuatannya dicampur dengan protein kedelai dan tampilannya pun sama dengan daging sapi karena daging buatan itu di beri pewarna alami yang mirip dengan warna daging sapi asli.

Meski begitu, penerimaan publik terhadap daging ini masih sangat diragukan. Bukan saja merasa jijik mengingat asal daging tersebut, namun harga jualnya pun ternyata bisa 10 hingga 20 kali lebih mahal dibandingkan steak biasa.

Kode unik: Klik di sini

Sponsored