Beberapa Kesalahan Saat Memasak Ikan.

MOTIVASInews.com – Jika Anda selalu berusaha membeli ikan segar di pasar, dan memasaknya, tapi tetap tidak dapat menikmati rasa masakan Anda sendiri, ada yang salah di sini. Mengapa selalu berbeda rasanya ketika makan ikan di restoran dengan ikan yang dimasak sendiri?

Dilansir dari purewow.com, Jumat (23/12/2016), berikut ini adalah beberapa kesalahan memasak ikan yang mungkin masih Anda lakukan sampai saat ini. Penasaran?

1. Anda memasaknya langsung setelah dikeluarkan dari kulkas.

Memasak ikan dalam keadaan dingin atau beku dapat membuat masakan tidak rata. Untuk membuat ikan kering di luar dan matang merata di bagian dalam, diamkan terlebih dahulu dalam suhu ruangan selama 15 menit sebelum memasaknya.

2. Anda merebus seluruh lobster.

Merebus seluruh lobster dalam air mendidih hanya akan menghabiskan banyak waktu pada bagian ekor saja. Lepaskan cakar dan rebus dalam sebuah panci berisi sedikit air dalam waktu 8 sampai 9 menit, kemudian lepaskan ekornya, dan rebus kembali. Cara ini akan menghemat waktu Anda merebus lobster.

3. Anda tidak memeriksa tulangnya.

Bahkan ketika Anda membeli ikan dengan tanda tanpa duri dan tulang di supermarket, sangat mungkin masih ada beberapa tulang di dalamnya. Gunakan jari Anda untuk memeriksanya dan ketika menemukan tulang atau duri, ambil menggunakan pinset.

4. Anda meletakkan ikan sebelum wajan panas.

Memasak ikan pada wajan yang belum panas hanya akan membuatnya matang tidak merata. Ketika panci panas, masak ikan selama 3 sampai 5 menit, balik, dan diamkan dalam jangka waktu yang sama. Setelah itu, Anda bisa memasaknya dengan cara apapun yang Anda inginkan.

5. Memasak ikan basah.

Untuk menjaga ikan tidak lembek, selalu tepuk hingga kering ikan yang ingin dimasak menggunakan kertas masak, sebelum memasaknya. Cara ini juga berlaku bagi kerang. Jangan membeli kerang yang dikemas dalam cairan, pilihlah yang kering, dan tepuk menggunakan kertas masak untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

6. Anda menggunakan alat masak yang kotor.

Sesibuk apapun Anda, usahakan untuk tidak memasak ikan di penggorengan atau alat apapun yang kotor, karena hasilnya akan berantakan.

Semoga beberapa kesalahan dalam memasak di atas bisa menjadi pembelajaran dalam hal memasak ikan dengan cara yang benar.

Penulis: Dwi Priyanto

Sponsored