Kaledo, Kuliner Khas Palu Yang Nikmat

MOTIVASInews.com – Kaki Lembu Donggala atau yang lebih dikenal dengan nama Kaledo merupakan makanan khas masyarakat Donggala yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah, tepatnya di kota Palu. Kata kaledo sendiri diambil dari bahasa penduduk setempat yaitu bahasa kaili (suku asli Donggala). Namun, sebagian orang juga mengartikan kaledo sebagai kependekan dari kaki lembu donggala.

Bahan dan cara pembuatan kaledo pun terbilang cukup sederhana, antara lain kaki lembu donggala (kaki sapi), asam, cabai, jeruk nipis, dan garam. Oleh karenanya, kaledo memiliki kuah bening dengan rasa yang sangat khas.

Kaledo, Kuliner Khas Palu Yang Nikmat - Motivasinews.comBagi masyarakat Sulawesi Tengah, Masakan ini biasanya di sajikan pada saat perayaan Idul Fitri ataupun Idul Adha. Keistimewaan dari Kaledo ini terletak pada penggunaan bumbu asam Jawa yang begitu kental. Asam jawa yang di pergunakan dalam kaledo ini adalah asam jawa yang masih muda agar bisa memperoleh konsentrat asam.

Selain itu, terdapatnya bumbu pelengkap khas Kota Palu yang menabah cita rasa tersendiri. Biasanya cara penyajian makanan kaledo ini di sediakan pisau, garpu, sumpit yang berfungsi untuk mengeluarkan sumsum dari rongga-rongga tulang sapi tersebut. Makanan kaledo ini sangat mudah anda dapatkan di Kota Palu karena sudah menjadi kuliner yang di buru oleh para wisatawan.

Kode unik: M#kuliner01

Sponsored