Uniknya Bekal Makan Anak

Uniknya Bekal Makan Anak - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com –  Peringatan buat orang tua yang secara rutin menyiapkan bekal makan untuk buah hatinya ke sekolah. Harus diperhatikan keseimbangan dan kelengkapan gizi makanan tersebut, seperti kandungan karbohidrat, protein dan serat.

“Yang jadi perhatian untuk bekal itu keseimbangan dan kelengkapan, seperti ada nasi, lauk sayur dan buah,” ujar dosen Jurusan Gizi Poltekkes Malang Fatimah Az-zahra dihubungi di Jakarta.

Porsi makan juga perlu disesuaikan dengan makan siang untuk anak dengan aktifitas padat dan tidak berlebihan atau kekurangan. Berdasarkan AKG,  kebutuhan energi anak sekolah usia 7 – 9 tahun sebesar 1.800 kkal.

Sebagai contoh, porsi seorang anak yang mencukupi adalah nasi satu sendok nasi, satu potong ukuran sedang lauk hewani dan nabati berupa daging merah, satu mangkuk kecil sayur dan sepotong buah.

Uniknya Bekal Makan Anak - Motivasinews.com
Bentuk unik bekal makanan untuk anak Anda. Kode unik:M#kuliner56

“Daging dapat diganti dengan ikan atau ayam, jangan setiap hari daging merah. Agar anak terhindar dari rasa bosan, ibu harus bisa berkreasi dalam menyiapkan lauk pauknya,” tutur Fatimah.

Jika memang terdapat makanan yang digoreng, tidak menjadi masalah karena kebutuhan lemak anak sebesar 35 persen dari 1.800 kkal, lebih besar dari kebutuhan lemak dewasa sebesar 25 persen dari kebutuhan 2.700 kkal.

Biasanya bekal makan baru akan dikomsumsi saat jam makan siang, jadi untuk menghindari makanan menjadi gampang rusak dan mencemari makanan lainnya maka penataan bekalnya menjadi penting.

Bagi anak-anak yang masih suka  pilih-pilih makanan, orang tua dapat menyiasatinya dengan “menyembunyikan” sayur dengan lauk dalam kreasi-kreasi masakan. “Itu yang perlu diperhatikan. Misalnya mama muda bekerja dan menyempatkan menyiapkan bekal biasanya banyak hal yang terlupakan,” tambah Fatimah.

Sponsored