Menurut Sains Sering Bercinta Tidak Membuat Lebih Bahagia

Menurut Sains Sering Bercinta Tidak Membuat Lebih Bahagia - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com Apa?! Tentu ini menjadi kabar yang mengejutkan bagi beberapa orang. Apalagi dalam studi pertama soal ini, tim ilmuwan di Carnegie Mellon University pernah menemukan bahwa sering bercinta akan membuat seseorang lebih bahagia.

Tapi kini kenyataannya, sering bercinta justru bisa memicu ketidakbahagiaan. Hal ini dilaporkan oleh George Leowenstein, seorang profesor ekonomi dan psikologi di Carnegie Mellon, bersama rekan-rekannya.

Beberapa penelitian selama dekade terakhir ini menemukan bukti yang menunjukkan bahwa seks memiliki keterkaitan langsung dengan kebahagiaan, yang berarti lebih banyak seks berarti kebahagiaan yang lebih besar. Bahkan sebuah studi menemukan bahwa meningkatkan jumlah seks dari sekali sebulan menjadi seminggu sekali akan memberikan tingkat kebahagiaan yang sama dengan kebahagiaan menerima tambahan uang 50 ribu dollar!

Tapi tunggu dulu, ada hal yang terlewat dari beberapa penelitian tersebut. Bahwa adanya sejumlah kesalahpahaman seputar frekuensi seks dan kebahagiaan. Leowenstein baru-baru ini mengatakan kepada New York Times soal unsur yang menjadi penyebab kebahagiaan dan efeknya.

Faktor lain selain seks, seperti pendapatan, lokasi, atau usia, bisa menjadi alat pengukur yang lebih baik untuk mengetahui apa yang membuat kita bahagia. “Meskipun tampaknya masuk akal bahwa seks bisa memiliki efek menguntungkan pada kebahagiaan, namun juga sama masuk akalnya dengan kebahagiaan yang mempengaruhi seks,” tulisnya dalam makalah mereka.

Nah, untuk membantu menyelesaikan teka-teki ini, Leowenstein dan tim merancang percobaan secara hati-hati, yang menentukan dengan jelas jika seringnya bercinta bisa menyebabkan kebahagiaan yang lebih besar.

Percobaan ini sederhana, yaitu dengan mengukur bagaimana pasangan bahagia dengan jadwal seks mereka. Hasilnya sangat mengejutkan. Secara umum, para peneliti menemukan bahwa pasangan yang meningkatkan frekuensi seksnya dua kali lipat justru menjadi tidak menikmati seks, dan kurang bahagia.

Meskipun tim hanya bisa berspekulasi, mereka menekankan bahwa sering bercinta tidak membuat kita bahagia.

Sponsored