3 Skill yang Dibutuhkan Oleh Karyawan Pada Masa Depan

3 Skill yang Dibutuhkan Oleh Karyawan Pada Masa Depan - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Memasuki era digital dan teknologi seperti sekarang, suka tidak suka kita harus mengubah ataupun mengikuti setiap perkembangan teknologi yang berkembang. Mengapa?

Hal ini disebabkan baik itu pekerjaan maupun aktivitas lainnya yang kita jalankan membutuhkan bantuan teknologi seperti penggunaan ponsel pintar dan komputer yang dapat memudahkan aktivitas manusia dalam berkomunikasi maupun pengolahan data.

Di sisi lain semakin berkembang teknologi juga dapat berimbas kepada para pekerja yaitu mereka harus terbiasa dan bisa beradaptasi dengan sistem yang serba otomatis.

Oleh karena itu, bagi para pekerja sangat disarankan untuk selalu melakukan pengembangan kualitas diri yang dimiliki agar tidak tergerus oleh zaman yang serba canggih akan teknologi.

Agar tetap bisa eksis di tempat kerja, ternyata ada skill yang perlu dan dibutuhkan oleh seorang karyawan pada masa depan.

Mau tahu skill apa saja itu? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak informasi berikut ini terkait 3 skill apa saja yang dibutuhkan oleh karyawan pada masa yang akan datang seperti dikutip dari laman Inc.
Memiliki Keterampilan 

Semakin banyaknya perusahaan manufaktur yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan seperti automation, robotic, IoT, Blockchain membuat para pekerja dituntut harus memiliki keterampilan untuk menguasai teknologi tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan oleh negara tetangga, Singapura, meluncurkan program SkillsFuture yang bermitra dengan institusi pendidikan seperti Singapore Management University dan Nanyang Polytechnic bertujuan agar masyarakat Singapura mampu meningatkan keterampilan yang dimiliki pada bidang manufaktur, keamanan cyber, dan 3D printing.

Hal ini dikarenakan kurang dari lima tahun lagi, karyawan pada sebuah perusahaan harus beradaptasi dengan sistem dan teknologi yang baru seperti Kecerdasan Buatan (A.I.) hingga big data.

Kreativitas

Kreativitas merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap pekerja pada lingkungan kerja di masa depan. Mengapa?

Dengan memiliki kreativitas, Anda akan memiliki sifat ingin tahu yang tinggi, hal ini tentu saja akan berdampak positif bagi diri Anda. Alhasil, Anda bisa dengan mudah mempelajari sebuah teknologi ataupun sistem baru yang diterapkan di sebuah perusahaan, yang mana hal tersebut membuat diri Anda akan terlihat lebih produktif.

Tingkatkan Kemampuan Analisa

Memiliki skill yang mampu memecahkan masalah menjadi hal krusial yang wajib dimiliki oleh para pekerja di masa yang datang.

Khususnya bagi Anda yang masih muda, hal ini dianggap sangat penting untuk menunjang karier Anda di sebuah perusahaan. Oleh karena itu, mulai saat ini kemampuan analisa Anda harus ditingkatkan.

Anda bisa melatih kemampuan analisa yang dimiliki dengan cara sederhana seperti sering membaca buku, permainan asah otak (catur, bridge, dll), dan menilai suatu permasalahan secara netral.

Demikianlah 3 skill yang wajib Anda miliki pada masa yang datang, yang mana tiga skill tersebut sangat baik agar menunjang karier Anda di sebuah perusahaan. Alhasil, Anda bisa bekerja berdampingan dengan sistem teknologi yang canggih tanpa perlu takut akan tergantikan oleh teknologi tersebut.

Sponsored