3 Tipe Bos yang Buruk dan Cara Mengatasinya

3 Tipe Bos yang Buruk dan Cara Mengatasinya - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Sepertinya kita semua pernah punya bos yang buruk. Kalau pun tidak, setidaknya kita pernah tahu salah satu teman kita punya bos semacam itu. Gawatnya, bos yang buruk bisa membuat bawahannya frustasi dan stres. Tak jarang juga itu menjadi pemicu karyawan memutuskan untuk berhenti dan mencari pekerjaan di tempat lain.

Jangan dulu ambil keputusan untuk berhenti, karena ada beberapa strategi untuk bertahan. Strategi ini mungkin tidak membuat Anda bisa selalu menyenangkan bos yang buruk, tapi ini dapat membantu Anda menjaga tetap waras. Malah lebih dari itu, bisa juga membantu karir Anda.

Strategi yang berasal dari situs keuangan pribadi GOBankingRates in bisa Anda langsung terapkan. Seperti kita tahu, sebenarnya ada banyak tipe bos yang buruk. Tapi berikut adalah 3 diantaranya:

1. Bos Anda tidak berpengalaman.

Ini mungkin jenis bos bermasalah yang terbaik yang dapat Anda miliki, karena karakteristik bos yang buruk seperti ini secara otomatis akan memperbaiki dirinya sendiri dari waktu ke waktu. Tetap saja, saat Anda menunggu hal itu terjadi, bekerja untuk bos yang tidak mengerti bisa membuat frustrasi.

Solusinya, bantu atasan Anda. Tapi ingat, jangan buat dia menjadi malu. Jika atasan Anda mengatakan sesuatu yang bodoh di meeting misalnya, jangan langsung menegur pada saat itu. Tapi sampaikan secara pribadi lalu jelaskan dengan lembut mengapa perkataannya tak pantas. Apa pun yang Anda lakukan, ingatlah bahwa yang namanya bos yang akan selalu menjadi atasan Anda. Lagi pula kalau bos Anda cerdas, dia bisa belajar dengan cepat.

2. Bos Anda selalu negatif.

Dalam beberapa situasi, banyak bos bertindak negatif terhadap bawahannya, entah itu tak mempercayai kemampuan anak buah atau merasa hasil pekerjaannya selalu kurang. Tapi yang penting adalah Anda tahu apakah Anda mendapatkan penilaian yang obyektif dari bos, atau dia memang tidak puas dengan pekerjaan Anda.

Menurut GOBankingRates, lawan kenegatifan si bos dengan hal yang positif. Jangan biarkan hal negatif itu buat Anda atau rekan kerja Anda menjadi patah semangat dan rendah diri. Sebaliknya, teruslah untuk meningkatkan diri dan berjalan di jalur yang benar.

3. Bos Anda mengambil kredit untuk semuanya.

Ini adalah jenis bos yang sangat mengerikan dan membuat frustrasi. Para ahli yang dikutip oleh GOBankingRates merekomendasikan untuk bertahan dan menunggu, karena cepat atau lambat orang lain akan sadar kok kalau bos Anda tidak melakukan semua yang dia klaim.

Tapi mungkin juga tidak.Walau bagaimanapun juga, jangan mengkonfrontasi karena dia telah mengambil kredit atas pekerjaan Anda, atau mengeluhkan hal itu kepada orang lain di perusahaan. Karena biasanya yang begitu cenderung berakhir kurang baik buat Anda. Memang menyebalkan, tapi ingatlah bahwa apa yang menguntungkan atasan Anda maka itu juga menguntungkan Anda. Misalnya setelah dia mengambil kredit atas kerja keras Anda dia mendapatkan promosi, bisa jadi dia akan merekomendasikan Anda sebagai penggantinya.

Nah, apakah bos Anda termasuk salah satu dari ketiga tipe tadi? Anda sudah tahu dong harus berbuat apa di kantor…

Sponsored