4 Cara untuk Memimpin Berbagai Tipe Kepribadian Pada Suatu Tim

4 Cara untuk Memimpin Berbagai Tipe Kepribadian Pada Suatu Tim - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Sebagai seorang pemimpin yang baik, hal yang menjadi penting yang dimiliki oleh seorang pemimpin adalah mengetahui orang-orang yang bekerja dengan Anda. Mengapa?

Hal ini dikarenakan, untuk membentuk sebuah tim yang solid dan kuat, salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah bagaimana cara Anda berhubungan baik dengan para anggota tim sehingga hal tersebut bisa berimbas pada meningkatkanya produktifitas tim yang Anda pimpin nantinya.

Seperti diketahui banyak sekali tes-tes kepribadian yang dilakukan untuk mengetahui kepribadian seseorang seperti Myers-Briggs, Big Five, DiSC, StrengthFinder, dll, yang mana semua tes kepribadian tersebut untuk melihat sejauh mana kekuatan dan perilaku mereka sehingga pemimpin tahu bagaimana cara memimpin dalam tim tersebut dengan baik.

Namun dari banyak tes kepribadian yang dilakukan, tentu saja tidak satu pun dari tes tersebut yang akan memberikan hasil yang sempurna melainkan Anda juga harus melakukan improvisasi lebih lanjut lagi agar bisa membangun tim yang solid dan juga kuat seperti beberapa cara memimpin berikut ini yang dikutip dari laman Inc.com.

Mengetahui Diri Anda Sendiri

Percuma saja jika sudah mengetahui karakter yang dimiliki anggota tim Anda, tetapi Anda tidak mengetahui dan memahami karakter dan kecenderungan dari diri Anda sendiri. Hal ini tentu saja membuat Anda sedikit tertutup dengan apa yang mereka utarakan seperti ide dan juga saran. Jadi, sebelum Anda memimpin sebuah tim ada baiknya Anda pahami dulu apa saja kekurangan dan kelebihan yang Anda miliki.

Pahami Tim Anda

Seperti yang sudah dijelaskan membangun tim yang solid dan kuat bukanlah hal yang mudah, hal ini dikarenakan Anda harus menyatukan tipe-tipe kepribadian yang berbeda-beda dari masing-masing anggota tim. Oleh karena itu, Anda bisa memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengutarakan pendapat dan ide-ide besar yang mereka miliki sehingga Anda mengetahui lebih banyak lagi informasi terkait kemampuan dan juga ketertarikan anggota tim Anda tersebut. Alhasil, Anda bisa menemukan peran yang sesuai dengan kemampuan atau kualifikasi yang dimiliki oleh mereka.

Ketahuilah Apa yang Mereka Butuhkan

Setiap anggota tim, pasti memiliki kendala atau masalah yang berbeda saat ingin menyelesaikan tugas dan tanggung jawab mereka. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk menanyakan secara personal atau bersama-sama apa yang mereka butuhkan agar mereka bisa nyaman saat mereka bekerja. Cara ini berguna untuk menganalisa dan memprioritaskan masalah-masalah yang mana ingin diselesaikan terlebih dahulu.

Menerima Kritik yang Membangun

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mau menerima dan mengakui kesalahan diri sendiri, hal ini dikarenakan manusia tidak ada yang sempurna dan tidak pernah luput dari kesalahan. Yang mana kritik dan saran yang dilontarkan oleh anggota tim harus dijadikan cambukan untuk menjadi lebih baik lagi.

Berdasarkan 4 cara diatas terkait bagaimana cara memimpin sebuah tim yang baik, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa hal yang diutamakan dalam membangun tim yang solid adalah saling menghargai dan menerima kekurangan rekan kerja, rendah hati, dan juga saling menjalin hubungan komunikasi yang baik antara seluruh anggota tim.
Sponsored