5 Cara Sederhana Menyikapi Masalah Hidup

5 Cara Sederhana Menyikapi Masalah Hidup - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Manusia merupakan makhluk sosial yang sungguh sangat istimewa. Tuhan Sang Maha Pencipta telah menjadikan manusia dalam bentuk sempurna dengan beraneka ragam rupa yang saling berbeda. Tak ada satu manusia pun yang betul-betul sama dan serupa. Akan selalu ada perbedaan. Karenanya, tak heran bila disebutkan bahwa perbedaan itu adalah sunnatullah, sudah ketetapan dari Sang Pencipta.

Namun, tak sedikit dari manusia yang tidak bisa menerima perbedaan itu. Bahkan seringkali menjadikannya sebagai sebuah masalah dalam hidupnya. Tak heran, bagi manusia yang seperti itu, hidupnya sangat rentan dijangkiti depresi dan stress.
Nah, berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar bisa menyikapi hidup dengan baik dan bijak serta selalu mensyukuri perbedaan yang telah Tuhan berikan, di antaranya :
Lupakan Masa Lalu

Kehidupan di masa lalu merupakan suatu hal yang tentunya dijadikan sebagai suatu pengalaman yang sangat berarti oleh seseorang atau Anda sendiri. Pengalaman hidup di masa lalu pun ada yang bersifat manis dan pahit serta suka cita atau pun duka cita. Dengan adanya kehidupan di masa lalu, Anda pun akan mengerti bagaimana menyikapi hidup serta membenahi diri untuk menjadi lebih baik lagi.

Hilangkan Dendam

Dendam merupakan suatu hal yang dikategorikan sangat mudah mendarah daging dalam kepribadian seorang individu. Hal yang menimbulkan sifat dendam pun berbagai macam, mulai dari hal kecil sampai hal besar. Cara menyikapi kehidupan dengan adanya perasaan dendam ini adalah dengan cara menerima permintaan maaf atas seseorang atas kesalahan yang pernah dilakukan di masa lalu.

Sedikit Bicara, Banyak Mendengar

Untuk hal ini, banyak orang atau mungkin diri Anda lebih sering mengeluarkan argumen daripada mendengarkan nasihat atau solusi kehidupan dari/kepada orang lain. Jika ucapan atau kalimat yang akan Anda sampaikan merasa tidak penting, maka lebih baik diam dan fokus mendengarkan apa yang orang lain katakan untuk kebaikan hidup Anda. Cara untuk menyikapinya pun sangat mudah, jika ucapan atau nasihat yang menurut Anda akan mempengaruhi dan membawa hidup Anda ke arah yang lebih baik, maka dengarkanlah ucapan tersebut. Begitu pun sebaliknya.

Bersyukur atas Semua yang Dimiliki

Tuhan telah mengatur segala sesuatu untuk setiap orang dengan porsi yang berbeda-beda, mulai urusan jodoh, rejeki, karir hingga kematian. Sebagai manusia yang berakal sehat, tentunya Anda harus selalu bersyukur sebagai cara positif dalam menyikapi kehidupan yang Anda jalani setiap hari. Dengan selalu menanamkan nilai dan rasa syukur dalam kehidupan, Anda akan terbiasa untuk ikhlas dan memiliki rasa kasih terhadap orang-orang di sekitar kehidupan anda, karena masih banyak di luar sana orang yang memiliki kehidupan yang tidak beruntung Anda.

Jangan Selalu Bergantung Kepada Orang Lain

Manusia merupakan makhluk sosial yang saling ketergantungan satu sama lain. Ya, kalimat tersebut memang sangat benar untuk mencerminkan kepribadian utama antara satu orang dengan yang lainnya. Namun, jika selalu bergantung atau ditentukan oleh orang lain, maka diri anda akan sulit menyikapi kehidupan Anda sendiri dan sangat mudah diperbudak oleh orang lain yang menurut anda sangat mempengaruhi kehidupan anda di masa depan. Beranikan diri melangkah lebih maju dan tidak bergantung kepada orang lain akan membawa hidup Anda menjadi lebih baik.

Kehidupan manusia memang merupakan suatu rahasia Tuhan yang bersifat hakiki dan harus diterima oleh setiap orang. Manis, pahit, suka, maupun dukanya kehidupan, sudah seharusnya Anda pahami dan lalui dengan tetap bersyukur.

Tuhan tidak pernah tidur, namun kehidupan Anda di masa depan ditentukan dengan bagaimana cara Anda menyikapi kehidupan Anda kini dan nanti.

Sponsored