5 Pelajaran Berharga dari Kapten Timnas Piala Dunia 2018

5 Pelajaran Berharga dari Kapten Timnas Piala Dunia 2018 - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Saat ini semua mata tertuju kepada perhelatan akbar kompetisi sepak bola empat tahunan yaitu Piala Dunia 2018, Rusia. Bagaimana tidak?

Banyak pemain bintang yang merumput di kompetisi sepak bola tertinggi di belahan dunia yang akan ikut meramaikan setiap fase pertandingan pada Piala Dunia 2018, Rusia.

Tidak terkecuali para pemain yang mengemban tugas sebagai pemimpin tim atau biasa disebut “Kapten Tim”, yang mana mereka memiliki tugas sebagai seorang yang bertanggung jawab atas tim yang mereka bela.

Tentu saja menjadi seorang kapten tim bukanlah hal yang mudah melainkan butuh sosok yang memiliki pengalaman dan juga pengaruh besar kepada keseluruhan tim.

Dilansir dari laman Inc, ada 5 kapten timnas di Piala Dunia 2018 yang bisa menjadi panutan Anda dalam hal kepemimpinan yaitu Harry Kane (Inggris), Neymar (Brazil), Aron Gunarsson (Islandia), Radamel Falcao (Kolombia), dan Essam Al Hadary (Mesir).

Di mana masing-masing kapten timnas tersebut adalah seorang pemimpin yang dapat mewakili satu dari lima skill kepemimpinan yang dibutuhkan untuk memimpin sebuah tim meraih sebuah tujuan. Mau tahu skill kepemimpinan apa saja? Mari kita simak informasi berikut ini.
Fokus

Walaupun masih terbilang muda, Harry Kane sudah dipercayai oleh pelatih Inggris Gareth Southgate untuk mengemban ban kapten di lengannya. Hal ini dikarenakan, Harry Kane memiliki tingkat fokus yang sangat tinggi dalam melakukan menerima operan atau umpan dari pemain lainnya sehingga ia sangat berbahaya dalam area kotak penalty lawan.

Mudah Beradaptasi

Salah satu contoh kapten timnas yang mudah beradaptasi adalah Radamel Falcao asal Kolombia, di mana ia merupakan bomber andalan timnas Kolombia. Selain itu juga ia dapat beradaptasi dengan berbagai taktik dan formasi bahkan sering kali kita lihat, ia menjadi bermain di lapangan tengah walaupun bukan posisi aslinya.

Keandalan

Dalam hal keandalan, kapten timnas Islandia, Aron Gunnarsson menjadi salah satu yang bisa menjadi panutan. Ia merupakan pemain yang sudah sangat matang bermain di lini tengah timnas Islandia sehingga keandalan yang dimilikinya sangat berpengahruh besar kepada timnya.

Menginspirasi

Neymar menjadi pemain sepak bola yang banyak menginspirasi orang lain, yang mana butuh perjuangan yang sangat keras untuk bisa pulih dari cedera yang dideritanya saat membela klubnya, PSG. Namun saat ini, kita bisa melihat Neymar kembali berkostum timnas Brazil dan memimpin teman-temannya untuk menjuarai Piala Dunia 2018.

Daya Tahan

Ketahanan baik itu fisik ataupun mental memang tidak perlu diragukan lagi menjadi sebuah hal yang penting untuk meraih sebuah tujuan. Salah satu kiper yang bermain di Piala Dunia 2018 yakni Essam Al Hadary asal Mesir yang juga menjabat sebagai kapten timnas Mesir bisa menjadi panutan. Mengapa?

Di usia yang tidak muda lagi yaitu sudah menginjak usia 45 tahun, ia masih tetap bisa menunjukkan skill dan kepemimpinannya di lapangan.

Dari 5 kapten timnas di Piala Dunia 2018 di atas, setidaknya kita bisa mendapatkan pelajaran berarti bahwa jika Anda menjadi seorang pemimpin, Anda harus bisa menjadi panutan dan juga menjadi inspirasi bagi orang lain.

Sponsored