5 Prinsip Uang yang Harus Anda Tahu

5 Prinsip Uang yang Harus Anda Tahu - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Kalau sudah urusan uang kita menjadi emosional. Padahal pada dasarnya uang adalah sebuah alat yang tergantung bagaimana kita menggunakannya. Uang bisa membawa kesenangan atau juga bisa membawa kehancuran. Uang adalah alat yang sensitif, untuk itu kita perlu menyadari semua kemungkinan yang bisa uang berikan, termasuk jebakannya!

Untuk pertolongan pertama, inilah 5 prinsip yang harus Anda pahami untuk mendapatkan kebebasan finansial dari seorang pengusaha sukses sekaligus pembicara motivasi, Jim Rohn.

1. Bangun pola pikir yang benar

Soal hutang, satu-satunya pola pikir yang diperlukan adalah tindakan yang tegas. Kita perlu melihat hutang sebagai musuh kehidupan finansial kita. Jika kita mulai mengatakan, “Ada sedikit hutang di sini dan sedikit hutang di sana,” tahu-tahu kita akan punya banyak hutang di mana-mana. Dengan cara yang sama uang berperan positif seperti ketika menabung dan berinvestasi, hutang juga bisa berlipat ganda dan mendorong Anda jatuh lebih dalam lagi.

2. Dapatkan lebih banyak pemahaman

Beberapa orang tidak tahu berapa banyak hutang yang sebenarnya mereka miliki. Beberapa orang tidak tahu apakah mereka memiliki kekayaan bersih positif atau negatif. Anda tidak bisa merencanakan masa depan Anda jika Anda tidak tahu di mana posisi Anda saat ini. Coba berpikir begini… Katakanlah Anda ingin mengunjungi seorang teman dan membutuhkan arahan GPS untuk sampai ke rumahnya. Saat Anda memakai GPS, dia tentu akan menanyakan lokasi dari mana Anda berasal bukan?

3. Carilah bantuan

Saat Anda sakit, Anda pergi ke dokter. Bila ingin fit dalam olahraga, Anda membutuhkan trainer. Bila Anda berhutang, Anda juga perlu mencari pertolongan dan itu tergantung pada jumlah hutang yang Anda miliki. Bisa jadi Anda membutuhkan bantuan  penasihat keuangan. Jangan gengsi. Setiap orang butuh bantuan, dan orang bijak mendapatkan pertolongan saat mereka membutuhkannya. Jika Anda memiliki hutang dan butuh bantuan untuk mengelolanya, carilah bantuan. Masa depan Anda bergantung padanya.

4. Mengontrol diri

Intinya adalah masalah kontrol. Dapatkah Anda mengendalikan hasrat Anda? Atau, lebih tepatnya, apakah Anda akan mengendalikan hasrat Anda? Apakah Anda akan mengendalikan hidup Anda? Maukah Anda bertanggung jawab atas tindakan Anda dan memutuskan sendiri bahwa Anda tidak akan lagi membeli secara kredit dan berhutang lagi, dan membahayakan masa depan keuangan Anda?

5. Buat sebuah rencana

Untuk keluar dari hutang, Anda memerlukan sebuah rencana. Rencana yang sederhana, efektif, bisa diterapkan dan disesuaikan dengan kehidupan pribadi Anda. Ada beberapa hal mendasar yang bisa Anda ikuti, namun setiap orang memiliki pendapatan, tingkat hutang dan tingkat kehidupan yang berbeda. Anda harus mengerjakan itu semua. Kuncinya adalah punya rencana. Setelah Anda memiliki rencana yang akan bekerja untuk Anda, maka kerjakan rencananya dengan disiplin. Rencana Anda harus mencakup strategi terperinci untuk belanja, pendapatan, tabungan, investasi, dll.

Itu tadi 5 prinsip uang yang harus Anda tahu. Setelah Anda menguasai kelima prinsip ini maka sangat mungkin bagi Anda untuk mendapatkan kebebasan finansial.

Sponsored