9 Kata yang Takkan Pernah Dikatakan Bos Cerdas kepada Bawahannya

9 Kata yang Takkan Pernah Dikatakan Bos Cerdas kepada Bawahannya - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Jangan pernah menyepelekan kata yang Anda pilih untuk diucapkan. Words have impact. Apalagi jika Anda seorang atasan atau bos. Apa yang keluar dari mulut Anda itu penting dan bisa jadi akan dipahami secara harfiah oleh bawahan Anda. Untuk mengkomunikasikan rencana dan sasaran perusahaan, Anda perlu menemukan cara yang lebih baik, dan hindari kata-kata ini!

1) Mungkin. Ini masalah besar. Pemimpin yang cerdas tahu bahwa mereka perlu menjelaskan secara spesifik dan memberikan jawaban yang sebenarnya, tidak mengambil jalan keluar yang mudah dan cukup dengan mengatakan “mungkin.”

2) Sekarang. Bos yang cerdas tidak pernah meminta karyawan melakukan sesuatu “sekarang.” Mengapa begitu? Karena bos yang baik berarti memberi bawahannya waktu yang mereka butuhkan.

3) Tuntutan. Menuntut sesuatu? Itu bukan langkah yang cerdas. Kepemimpinan adalah tindakan pemodelan yang baik, dan bukan mendikte. Jika Anda mengatakan bahwa saya “menuntut” Anda untuk melakukan ini, itu adalah pertanda ada masalah kepemimpinan yang serius.

4) Bisa jadi. Jika Anda cerdas, Anda tahu kata tersebut bisa disalahartikan. Jika Anda menggunakannya, itu berarti Anda tidak menjelaskan, tidak mendapatkan fakta secara langsung, dan menebak hasilnya.

5) Impraktis atau tidak praktis. Hindari memberi tahu karyawan bahwa gagasan mereka “tidak praktis”? Bos yang cerdas mengerjakan detail pekerjaan. Mereka menjelaskan bagaimana membuat sebuah gagasan bisa diterapkan dan berguna.

6) Cepat. “Bisakah kamu melakukan ini dengan cepat?” Duh! Itu bukan ide yang bagus. Menjadi cerdas itu selalu lebih baik daripada cepat. Sebagai seorang bos Anda mungkin tergoda untuk meminta pekerjaan dilakukan cepat, tapi sebaiknya minta “kualitas.”

7) Tolak. Menolak ide atau rencana tidaklah bijak. Sebagai gantinya, lebih baik melakukan refashion agar sebuah ide bisa diterapkan atau menambahkan ide itu ke rencana yang ada.

8) Tidak. Kadang-kadang, Anda memang harus mengatakan “tidak”. Tapi jika Anda mulai mendapat julukan Dr.No, waspadalah. Sebaiknya persering mengatakan “ya” atau coba katakan “tidak sekarang.”

9) Batalkan. Hindari mengatakan kata “batalkan.” Gunakan kata “ditunda” karena itu lebih baik, atau bisa juga mengatakan “dialihkan.” Atau, coba jelaskan mengapa sebuah proyek yang telah berjalan dan akan ditunda.

Demikian 9 kata yang takkan pernah dikatakan bos yang cerdas kepada bawahannya. Menjadi seorang bos atau atasan memang tak mudah. Tapi itu alasan kenapa jumlah bos lebih sedikit di perusahaan mana pun bukan?
Sponsored