Bagaimana Mendapatkan Pekerjaan Tanpa Gelar Sarjana

Bagaimana Mendapatkan Pekerjaan Tanpa Gelar Sarjana - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Umumnya banyak orang pesimis bisa mendapatkan pekerjaan tanpa gelar sarjana. Padahal nih, kesempatan itu selalu ada. Jangan sampai kurangnya gelar menghentikan Anda untuk maju secara profesional. Yang dibutuhkan perusahaan itu orang, bukan kumpulan gelar. Lagi pula, pada kenyataannya kandidat yang tidak punya gelar dapat melakukan pekerjaan seperti halnya rekan bergelar kok.

Menurut studi Harvard Business School, ketika 67 persen dari lowongan pekerjaan pengawas produksi pada tahun 2015 membutuhkan gelar, ternyata hanya 16 persen orang yang dipekerjakan dalam peran tersebut lulus dari perguruan tinggi.

Berikut kiat mendapatkan pekerjaan meski Anda tidak memiliki gelar sarjana.
1. Berpikir di luar resume.

Jika resume Anda tidak memenuhi persyaratan pendidikan, pikirkan secara kreatif tentang cara lain untuk membedakan diri Anda dengan yang lain. Tawarkan portofolio dengan contoh kerja untuk menunjukkan keterampilan Anda. Contohnya situs web pribadi, menulis sampel, proyek pengkodean, podcast, atau apapun yang menunjukkan dorongan, semangat, dan kegigihan Anda.

2. Pahami titik-titik yang dibutuhkan perusahaan.

Jika semua yang ada di perusahaan ini berjalan sempurna, manajer HRD-nya tidak perlu mempekerjakan siapa pun dong? Nah, teliti dulu untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan perusahaan, kemudian berikan solusi potensial untuk masalah tersebut. Bisa jadi, Anda malah memecahkan masalah yang tidak diketahui perusahaan. Jika Anda memiliki pengalaman di area perusahaan yang kurang, maka tunjukkan peluang untuk menang mudah.

3. Tunjukkan kemampuan untuk belajar.

Perusahaan membutuhkan orang-orang yang tahu banyak hal pada hari pertama bekerja, dan dapat mengasah keterampilan mereka pada hari ke-30, hari ke-90 hingga hari ke-365.

Mark Hoplamazian, CEO Hotel Hyatt, mengatakan, “Kami mempekerjakan lebih banyak untuk kepribadian dan mindsetyang berkembang daripada keterampilan khusus. Kami percaya rasa ingin tahu, semangat, dan kecintaan untuk belajar bersama bisa lebih besar daripada pengalaman sebelumnyaorang tersebut. Kepedulianyang berasal dari empati dan pemahaman adalah sifat-sifat yang tidak dapat Anda pelajari dari buku tetapi itu memberikan hasil yang lebih baik.”

4. Bangun jaringan industri.

Cari tahu ke mana Anda ingin pergi, kemudian kenali orang-orang yang sudah ada di sana. Bahkan hubungan singkat dengan seseorang yang bekerja di calon perusahaan tersebut dapat memberikan respon berarti.

Tak ada salahnya menghadiri acara networking, pertemuan, lokakarya pengembangan karir dan acara lainnya yang dihadiri oleh para pemimpin perusahaan. Aktif di LinkedIn dan platform media sosial lainnya, serta jaga baik-baik profil tersebut agar tetap tajam dan updateuntuk mendapatkan perhatian dari orang-orang yang berpotensi untuk memanggil Anda ketika dibutuhkan.

Sponsored