Cara Menangani dan Membantu Karyawan Perokok

Cara Menangani dan Membantu Karyawan Perokok - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Setidaknya Anda mengenal satu orang di lingkungan kerja yang seorang perokok. Merokok adalah bagian dari kehidupan kantor sehari-hari. Tapi nih karena Anda tahu bagaimana bahayanya rokok terhadap kesehatan, tentu sebagai pemimpin perusahaan Anda ingin membantu dan menangani masalah tersebut. Berangkat dari sana juga, kini semakin banyak peraturan yang dibuat untuk mempersempit ruang gerak perokok, salah satunya pelarangan merokok di tempat kerja, bahkan ada yang melarang rokok diseluruh lingkungan kantor sama sekali.

Tapi yang namanya kebiasaan, sulit untuk sepenuhnya hilang. Masih banyak perokok yang mencari cara untuk tetap melakukan kebiasaannya di lingkungan kantor. Nah, jika Anda punya usaha yang sedang berkembang, kemungkinan Anda memiliki satu atau dua staf yang seorang perokok aktif. Berikut adalah cara menangani atau membantu mereka.
Bersikap Adil

Cara Menangani dan Membantu Karyawan Perokok - Motivasinews.com

Jika salah satu anggota tim Anda mengambil waktu bekerja untuk merokok, staf yang tidak merokok  biasanya akan sebal dengan tambahan waktu istirahat para perokok itu.

Biar adil, pertimbangkan untuk memberikan waktu istirahat pada mereka yang tidak merokok untuk hal-hal yang mereka sukai, seperti bermeditasi atau berjalan-jalan. Anda juga bisa membiarkan mereka makan siang lebih lama atau pulang lebih awal pada hari Jumat. Ditambah, hal ini juga dapat memberikan pengaruh kepada para perokok untuk berhenti, karena mereka juga menginginkan waktu istirahat ekstra.

Menyediakan Area Merokok

Cara Menangani dan Membantu Karyawan Perokok - Motivasinews.com

Meskipun Anda sebenarnya tidak mendukung kebiasaan merokok, Anda juga tentu tidak ingin karyawan Anda merokok di tempat yang salah.

Jalan keluarnya adalah dengan menyediakan area khusus untuk merokok. Tempat itu tentu saja harus memiliki asbak, memiliki ventilasi udara yang baik, serta tidak terlalu jauh dari kantor.

Berinvestasi dalam Program Kesehatan

Cara Menangani dan Membantu Karyawan Perokok - Motivasinews.com

Beberapa pemilik usaha itu anti terhadap rokok karena bisa merugikan bisnis mereka. Tetapi tentu saja perokok juga masih punya hak. Contohnya di Amerika Serikat, semua negara bagian disana memiliki undang-undang yang melindungi perokok terhadap diskriminasi dalam praktik perekrutan, menurut American Lung Association.

Perokok mungkin dilindungi selama perekrutan, tetapi tidak ada undang-undang yang membuat perusahaan asuransi menaikkan premi mereka.

Salah satu cara untuk membantu ini adalah berinvestasi dalam program kesehatan. Ini dapat membantu menjaga premi tetap rendah bagi yang bukan perokok, sementara juga memberi alasan para pekerja untuk berhenti merokok.

Menawarkan Dukungan

Cara Menangani dan Membantu Karyawan Perokok - Motivasinews.com

Apakah Anda memilih program kesehatan atau tidak, Anda harus memastikan semua karyawan memiliki sumber daya yang mereka butuhkan untuk meningkatkan kesehatan mereka. Daripada menyediakan donat dan muffin, siapkan camilan sehat untuk karyawan. Jadikan contoh yang baik dengan menjalani gaya hidup sehat sendiri.

Ada lagi nih cara yang lebih efektif, yaitu dengan membawa personal trainer atau ahli gizi untuk berbicara langsung dengan tim Anda seputar peningkatan kesehatan. Mereka mungkin tidak akan membuat perokok langsung berhenti, tetapi mereka bisa membantu untuk mengatasi masalah rokok.

Semoga empat cara untuk menangani dan membantu karyawan perokok tadi membuat usaha Anda semakin berkembang karena sumber daya manusianya pun berkembang ke arah yang lebih sehat.

Sponsored