MOTIVASInews.com – Biasanya anak-anak muda selalu ingin melakukan apa pun yang mereka mau. Mulai dari bersenang-senang hingga aktivitas sesuai dengan hobi. Tapi, pernahkah mereka memikirkan tentang masa depan? Seperti, akan menjadi apa 10 tahun ke depan?

Masa depan ini erat kaitannya dengan apa yang dilakukan setiap harinya. Karena itu, ada beberapa hal penting yang sebaiknya dilakukan mulai dari sekarang, sehingga masa depan akan tertata dan tak jadi berantakan. Ingat, usia 20 tahun akan sangat cepat berubah menjadi 30 tahun! Waktu cepat berlalu tanpa kita sadari.

1. Ambil risiko. Tak mengapa kalau mendapatkan pengalaman yang pahit sedikit. Karena, umur masih muda dan masih banyak hal yang harus dipelajari. Lagi pula, tak ada pencapaian besar tanpa risiko yang juga besar.

2. Jangan merasa sudah nyaman dengan segala rutinitas. Dari rumah ke kampus atau sebaliknya dari kantor ke rumah. Pernahkah memiikirkan tentang kegiatan lain selain bekerja atau belajar? Misalnya, bekerja sambilan seperti mengajar, atau juga pergi traveling ke luar negeri dengan low budget. 

3. Mengunjungi tempat baru, yang sama sekali belum pernah kamu kunjungi akan membuatmu belajar lebih banyak. Seperti yang orang tua katakan, pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup. Maka dari itu, perbanyaklah pengalaman selagi kamu masih muda untuk memperkaya pengetahuan.

4. Ada yang namanya pertemuan. Ada juga yang namanya perpisahan. Ada yang namanya pertemanan, ada juga kalanya teman harus kamu tinggalkan. Bukannya tak sayang teman, tapi apa pun alasannya, ketika kamu harus berpisah dengan sahabat, jangan terlalu sedih. Kamu akan menemukan cara untuk selalu bertukar kabar dengan mereka. Atau, bahkan, kamu akan bertemu dengan sahabat yang baru.

5. Jangan ragu untuk melakukan kesalahan. Baik kecil maupun besar. Tapi ingat, jangan juga sampai terperosok sampai ke jurang. Kesalahan yang bisa kamu perbaiki di masa depan akan membuatmu belajar tentang hidup.

Penulis: Dwi Priyanto

Sponsored