Ingin Sukses? Anda Harus Menjadi Pendengar Yang Baik

Ingin Sukses ? Anda Harus Menjadi Pendengar Yang Baik - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Sebagai manusia biasa, pasti kita tidak akan luput dari kesalahan baik itu disengaja ataupun tidak. Bahkan sering kali kita terus diberi nasihat, kritik, dan saran agar kita tidak melakukan kesalahan serupa di masa yang akan datang.

Namun bagaimana tanggapan Anda terkait kritik dan saran tersebut? Mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa hal tersebut dirasa kurang bermanfaat bagi diri kita.

Tetapi faktanya, kritik atau saran dapat dijadikan sebuah hal yang baik untuk membangun karakter atau diri seseorang agar kelak bisa menjadi orang yang sukses.

Hal ini dikarenakan dalam membangun sebuah kesuksesan, pada dasarnya kita tidak bisa hidup sendiri dan perlu bantuan dari orang lain. Mengapa?

Ini merupakan hukum yang tidak bisa terbantahkan lagi dalam kehidupan manusia. Nah, bagi Anda yang belum tahu mengapa Anda harus menjadi pendengar yang baik, ada baiknya Anda simak uraiannya berikut ini.

Sebagai Intropeksi Diri

Jika ada yang memberikan kritik pedas terhadap diri Anda, Anda tidak boleh langsung marah dikarenakan mungkin itu ada benarnya juga.

Tetapi jadikanlah kritik dan saran yang diberikan oleh teman, rekan kerja, atasan, dll sebagai bentuk rasa kepedulian mereka terhadap perkembangan karakter Anda kedepannya. Alhasil, Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda perbaiki dan melakukan intropeksi diri secara perlahan-lahan.

Belajar dari Kesalahan Orang Lain

Setiap manusia pasti memiliki pengalaman baik itu pahit maupun bahagia selama menjalani masa hidup mereka. Jadi, tidak ada salahnya Anda menjadi pendengar yang baik.

Apalagi jika orang yang memberikan kritik ataupun saran kepada Anda tersebut sama-sama pernah melakukan kesalahan yang serupa di masa lalu. Hal ini menjadi hal yang sangat positif bagi kehidupan Anda nantinya, dikarenakan Anda dapat belajar dari kesalahan orang lain dan bisa dijadikan alarm dini bagi kehidupan Anda agar tidak melakukan kesalahan seperti orang tersebut.

Membantu Menyelesaikan Masalah

Dengan mendengarkan pengalaman, kritik maupun saran dari orang lain. Setidaknya, kita memiliki gambaran atau wawasan yang cukup untuk mengambil sebuah tindakan jika sewaktu-waktu dihadapkan dengan sebuah masalah yang terjadi sehingga kita mampu berpikir secara rasional dan juga objektif dalam menentukan solusi dan juga cara terbaik dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Jika ingin sukses ? Anda harus menjadi pendengar yng baik, yang mana memang harus diakui terkadang kritik atau saran yang dilontorkan orang lain untuk diri kita dirasa menyakitkan. Namun dari hal yang menyakitkan tersebut kita bisa banyak mengambil ilmu dan juga pengalaman tersebut yang dapat digunakan sebagai jalan menuju kesuksesan.
Sponsored