Ini Alasan Kenapa Anda Harus Pilih-Pilih Teman Mulai Sekarang

Ini Alasan Kenapa Anda Harus Pilih-Pilih Teman Mulai Sekarang - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Teman bisa mempengaruhi Anda. Di sadari atau tidak. Bahkan nih menurut Dr. Moran Cerf dari Northwestern University, rahasia kebahagiaan yang sejati tidak benar-benar di dapat dari materi yang Anda miliki atau seberapa sering Anda liburan keliling dunia. Tapi justru dari seorang teman.

Dengan menghabiskan banyak waktu berkualitas bersama teman baik – yang bisa bikin Anda tertawa dan nyaman – ternyata menyebabkan gelombang otak Anda meniru gaya mereka. Artinya, jika gelombang otak mereka bahagia, maka Anda juga akan bahagia.

Seperti kata orang bijak, pada akhirnya Anda akan menjadi seperti teman Anda.

Berdasarkan pelajaran neurologis: Otak adalah organ elektrokimia yang berfungsi menggunakan tenaga listrik aktual, dan ini memancarkan aktivitas ini dalam bentuk gelombang otak. Misalnya ketika otak Anda aktif, terangsang, dan terkait, otak menghasilkan gelombang beta, yang memiliki amplitudo rendah. Namun merupakan jenis gelombang otak tercepat yaitu pada 15 sampai 40 siklus per detik.

Jenis gelombang otak lainnya meliputi gamma, alfa, theta, dan delta, dan masing-masing dikaitkan dengan keadaan mood yang berbeda. Gelombang gamma, misalnya, dikaitkan dengan perasaan kepuasan yang tinggi.

Jadi, apa yang Dr. Cerf coba katakan adalah bahwa kita akan benar-benar lebih bahagia jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki gelombang otak positif, karena otak kita menangkap ombak itu dan “menconteknya.” Semuanya terjadi secara tidak sadar, jadi kita bahkan tidak sadar bahwa pada dasarnya kita mengadopsi keadaan atau mood orang-orang di sekitar kita.

“Ini berarti teman bergaul Anda benar-benar berdambak atas diri Anda jauh dari apa yang bisa Anda jelaskan. Dan salah satu pengaruhnya adalah membuat Anda menjadi menyerupai mereka, “Dr. Cerf menjelaskan.

Sinkronisasi otak ini disebut neural coupling, di mana otak Anda menjadi sama atau menyerupai otak orang lain. Perhatikan saja, jika Anda meluangkan banyak waktu dengan orang yang sedih, maka Anda juga akan merasa sedih tanpa alasan sama sekali. Karena itulah mulai sekarang Anda harus memilih teman dengan sangat hati-hati. Kualitas dan bukan kuantitas. Untuk apa punya banyak teman tapi ternyata sebagian besar adalah racun bukan?
Sponsored