Jangan Pernah Katakan 5 Kalimat Ini di Kantor!

Jangan Pernah Katakan 5 Kalimat Ini di Kantor - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Yang namanya dunia kerja, bukan seperti kita lagi di taman bermain. Ada sukanya, tapi juga ada juga sebelnya. Sesuatu yang tidak kita sukai kemungkinan besar bisa juga terjadi, dan Anda tak bisa menghindarinya. Namun apa pun yang terjadi, sebaiknya hati-hati memilih kalimat ketika berargumen atau mengeluarkan pendapat. Dan, jangan pernah katakan 5 kalimat ini ketika Anda di kantor.

1. “Itu bukan pekerjaan saya.”

Daripada mengucapkan kalimat ini, cobalah untuk menurunkan nada bicara Anda dan ingatkan rekan kerja tentang tanggung jawab Anda yang sebenarnya dan kemudian beri tahu dia, “Jika saya punya waktu setelah menyelesaikan tugas saya, dengan senang hati saya akan membantu.” Dengan cara ini , Anda menunjukkan empati dan tanggung jawab kepada rekan kerja Anda.

2. “Saya tidak tahu.”

Bisa jadi Anda memang benar-benar tidak tahu, dan tidak selalu punya jawaban atas semua pertanyaan. Tapi, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda tertarik untuk mencari tahu. Anda bisa bertanya kepada seseorang yang tahu atau kalau mau gampangnya, tinggal googling saja di internet. Tunjukkan kepada rekan kerja kalau Anda mau berusaha mencari jawaban.

3. “Saya akan mencoba.”

Ini pernyataan yang sangat samar. Ketika rekan kerja mendengar kalimat ini dari mulut Anda, mereka tidak yakin apakah pekerjaan itu akan dilakukan atau tidak. Plus, Anda sudah memberi kesan bahwa Anda tidak akan melakukan yang terbaik. Anda mungkin tidak selalu mencapai hasil tetapi setidaknya lebih jelas. Katakan bahwa “Saya akan melakukannya” dan kemudian, jika Anda tidak bisa, mintalah bantuan.

4. “Saya tidak suka bekerja dengan mereka.”

Tidak ada kok yang mengharapkan Anda menyukai semua rekan kerja, tetapi Anda harus bersikap profesional dan dapat mencari solusi. Anda mungkin punya karakter dan gaya bekerja yang berbeda, tetapi cobalah mencari cara untuk bekerja bersama karena inilah yang dibutuhkan sebuah tim. Cobalah untuk mengambil keuntungan dari perbedaan Anda dan lakukan pekerjaan hebat sebagai anggota tim.

5. “Itu tidak mungkin, saya tidak bisa melakukannya.”

Tidak ada yang mustahil, semuanya mungkin jika Anda melihat dari sudut yang tepat. Anda harus yakin dulu apakah Anda sudah mempertimbangkan semua opsi? Jangan juga menjadi orang yang negatif dan pesimis di tempat kerja. Sebagai gantinya cobalah frasa ini, “Apa yang bisa saya lakukan pada masalah ini adalah….”

Semoga dengan menghindari 5 kalimat di atas, Anda semakin membuktikan kepada rekan kerja bahwa Anda seorang profesional sejati.

Sponsored