Nasihat Keuangan dari Bintang NBA

Nasihat Keuangan dari Bintang NBA - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Buat penggemar bola basket khususnya NBA, tentu tidak asing dengan Vince Carter. Pemain yang pernah bermain untuk Toronto Raptors dan New Jersey Nets ini kini bermain di Sacramento Kings. Sebagai salah satu bintang NBA berpengalaman, tentu Carter juga sudah terbiasa dengan mengelola penghasilannya. Mau tahu apa sih nasihat keuangan dari bintang NBA All-Star ini?

Dalam sebuah wawancaranya dengan USA Today, Carter pada dasarnya memiliki dua pesan untuk pemain baru. Yang pertama: Nikmati tubuh muda Anda. Nasihatnya yang kedua ini mungkin lebih penting: Hidup dari uang saku. Nah, yang kedua ini yang menarik.

Nasihat Keuangan dari Bintang NBA Vince Carter - Motivasinews.com

Bisa kita duga, pemain yang baru mendapat kontrak dalam jumlah besar dengan klub tentu akan mengalami perubahan drastis dalam hidup mereka. Karena jika tidak cermat, maka bisa-bisa mereka mengalami masalah. Ujung-ujungnya menyesal. Menurut Carter, penting untuk bisa mengatur keamanan finansial seumur hidup, dan itu semua tergantung pada bagaimana mereka menangani kekayaan baru mereka.

Untuk alasan tersebut, penting untuk berdisiplin soal keuangan, tidak peduli seberapa tinggi penghasilan Anda. Beginilah cara memulainya, dan ini tidak hanya ditujukan untuk pemain NBA, tapi berlaku untuk semua orang.

1. Pegang kendali dengan menentukan berapa banyak yang Anda belanjakan setiap bulannya.

Ada banyak alat budgeting dan keuangan yang bisa dikaitkan dengan bank Anda dan akun kartu kredit atau debit. Mereka dapat secara otomatis melacak dan mengkategorikan semua pengeluaran Anda, sehingga Anda dapat melihat bagaimana pengeluaran Anda.

2. Bayar utang Anda.

Jika Anda punya utang, terutama utang kartu kredit, bayarlah secepat mungkin. Cari tahu utang mana yang memiliki suku bunga tertinggi dan fokus untuk melunasi yang itu sambil melakukan pembayaran minimum untuk semua sisanya. Setelah lunas, pilih utang dengan suku bunga tertinggi berikutnya dan ulangi proses yang sama, sampai semua bisa dilunasi. Setelah Anda terbebas dari utang, pastikan untuk tidak menciptakan utang baru. Buat anggaran dan sisihkan uang tunai untuk biaya darurat agar Anda tidak ngutang lagi.

3. Tabungkan kenaikan gaji Anda.

Idealnya sih, Anda seharusnya sudah menyisihkan sebagian dari setiap gaji untuk menabung. Tetapi bagaimana jika Anda tidak mampu? Lain kali Anda mendapat kenaikan gaji, ambillah selisih antara gaji lama Anda dan gaji baru Anda dan masukkan itu ke dalam tabungan. Buatlah secara otomatis dengan mengalihkan bagian dari gaji Anda untuk tabungan pensiun Anda, atau mengatur transfer otomatis dengan bank Anda.

Semoga nasihat keuangan dari bintang NBA tadi bisa mencerahkan Anda dalam mengelola keuangan. Kadang ya, mendapatkan uang itu mudah, justru mengelolanya yang sulit.

Sponsored