Tips Agar Tetap Fokus

Tips Agar Tetap Fokus - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Setiap hari kita disibukkan dengan rutinitas seperti melakukan pekerjaan di kantor, belajar, mengurus rumah, mengatur usaha atau bisnis dan sebagainya. Semua kegiatan tersebut pasti membutuhkan pikiran yang fokus serta penuh konsentrasi. Tanpa adanya pikiran yang fokus, pekerjaan bisa terbengkalai dan sulit merealisasikan tujuan hidup kita.

Dengan menjadi orang yang fokus terhadap apa yang kita kerjakan, kita akan lebih mudah menyelesaikan pekerjaan secara baik dan tepat waktu. Agar tetap fokus pada hal-hal yang kita lakukan, ada baiknya menyimak artikel berikut ini.
Lakukan Segera Mungkin

Terkadang fokus kita akan hilang, jika terus menunda-nunda pekerjaan. Semakin lama menundanya, semakin banyak tanggungan pekerjaan nantinya. Ketika banyak hal-hal di sekitar yang merusak fokus kita, segera alihkan dan ingatlah bahwa kita perlu mengerjakan sesuatu. Jangan pernah melakukan hal lain, sebelum kewajiban kita laksanakan. Misalnya, tidak boleh menonton TV dan bermain media sosial, jika belum mengerjakan tugas kuliah, kerjaan atau urusan bisnis. Prioritaskanlah kewajiban dulu dan lakukan dengan segera.

Hindari Mengerjakan Beberapa Hal Sekaligus

Seringkali kita bepikir pekerjaan akan lebih cepat selesai jika kita melakukan beberapa kegiatan sekaligus. Buanglah pikiran tersebut jauh-jauh. Justru dengan melakukan lebih dari satu kegiatan pada saat bersamaan, pikiran tidak bisa fokus. Alhasil, apa yang kita kerjakan pun menjadi kurang maksimal. Bukannya cepat selesai, yang terjadi adalah kita akan lebih stres karena menghadapi beberapa kerjaan dalam waktu bersamaan. Kerjakanlah tugas satu per satu agar bisa fokus.

Hilangkan Hal yang Memecah Konsentrasi

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan konsentrasi buyar. Contohnya saja suara televisi, bunyi handphone, keramaian dan lainnya. Setiap orang memiliki perbedaan mengenai hal-hal yang membuat mereka tidak nyaman. Kita akan tetap fokus jika bisa menghilangkan sesuatu yang dapat mengacaukan konsentrasi. Saat bekerja misalnya, kita dapat mematikan suara handphone atau meletakkannya di ruangan lain.

Buatlah Agenda atau Rencana

Menyusun agenda akan memudahkan kita dalam melakukan apa saja yang harus dikerjakan hari itu. Buatlah rencana hal-hal yang perlu kita tuntaskan pada hari itu. Langkah ini sangat efektif untuk membantu tetap fokus pada hal-hal penting dan menghindari sesuatu yang tidak bermanfaat.

Yuk, coba tips di atas agar bisa tetap fokus!

Sponsored