Anda Akan Terkejut, Facebook Mengetahui Anda Hingga Sejauh Ini

Anda Akan Terkejut, Facebook Mengetahui Anda Hingga Sejauh Ini - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Sejak skandal Cambridge Analytica terbongkar, Facebook terus menjadi sorotan. Karena memang yang kita aplikasi untuk “main-main” saja ini punya kemampuan yang sangat mutakhir dan serius. Man! Anda akan terkejut karena ternyata Facebook mengetahui Anda begitu jauh. Bagaimana sebenarnya cara Facebook mendapatkan data dari penggunanya?

Ketika dimintai keterangan di hadapan Kongres Amerika Serikat, terkuak dokumen sebanyak 222 halaman yang berisi cara Facebook mengumpulkan data dari orang-orang. Ada yang tidak mengejutkan, namun ada juga yang akan membuat Anda mengernyitkan dahi seperti di bawah ini.

Cara Facebook merekam data Anda:
  • Facebook mencatat hingga gerakan mouse Anda. Ini membantu perusahaan mengenali bahwa Anda bukan robot.
  • Cara lain Facebook membedakan bahwa Anda adalah manusia atau bukan dengan memantau apakah jendela browser Anda ada “di latar depan atau di latar belakang.”
  • Facebook mengumpulkan banyak data tentang perangkat Anda, termasuk tingkat baterai, kekuatan sinyal, bahkan hingga kapasitas penyimpanan yang tersedia!
  • Sistem operasi, jenis browser, nama file, dan plugins juga mereka tahu.
  • Facebook juga tahu apa operator seluler, penyedia layanan internet, dan alamat IP Anda, serta data cookie, zona waktu, hingga kecepatan koneksi internet Anda.
  • Perusahaan tersebut mengatakan “dalam beberapa kasus” Facebook memonitor perangkat di sekitar penggunanya atau di jaringan yang sama, sehingga dapat melakukan hal-hal seperti membantu pengguna melakukan streaming video dari ponsel ke TV mereka.”
  • Sinyal perangkat Anda juga dimonitor, termasuk Bluetooth dan informasi tentang titik akses Wi-Fi terdekat. Menara seluler terdekat juga bisa diketahui Facebook.
  • Facebook juga tentu saja tahu lokasi GPS Anda, informasi kamera dan foto, jika Anda tidak mengunci pengaturan Anda. Log panggilan dan riwayat log SMS juga direkam jika pengguna memilih untuk menyinkronkan perangkat Android mereka atau mengunggah data.
  • Mereka juga mengumpulkan data tentang “kegiatan online dan offline” Anda dan pembelian dari penyedia pihak ketiga, serta informasi tentang “permainan, aplikasi, atau akun” yang digunakan orang.

Kalau begini caranya, apakah masih ada privacy dalam Facebook?

Sponsored