Dua Alasan Raja Salman Terkait Kunjungannya

Raja Salman menyertakan 25 Pangeran karena mereka adalah pendamping raja

MOTIVASInews.com — Terkait kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud ke Indonesia, sedikitnya ada dua pertanyaan yang paling sering terdengar dari masyarakat. Untuk apa Raja Arab Saudi itu membawa serta 25 pangeran dalam kunjungannya? Kenapa sih harus Bali?

Dua alasan Raja Salman terkait kunjungannya yang memancing tanda tanya di masyarakat Indonesia itu, akhirnya terungkap melalui jawaban yang diberikan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi.

Menurut Osama, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud membawa serta 25 pangeran adalah merupakan sesuatu yang biasa. Sebab,”Mereka adalah pendamping raja,” kata Osama di kantor Kedutaan Arab Saudi untuk Indonesia di Jakarta, Selasa.
Raja Salman akan menandatangani nota kesepahaman dengan Presiden Jokowi
Raja Salman bertemu dengan Presiden Jokowi
Osama juga menjelaskan, dalam kunjungannya selama hampir sepekan di Indonesia ini Raja Salman dan Presiden Joko Widodo akan menandatangani 10 kesepakatan antara Indonesia dan Arab Saudi.

Perkara kedua yang menjadi buah bibir publik di Indonesia adalah berkaitan dengan tempat wisata yang dipilih Raja Salman beserta rombongan untuk berlibur. Kenapa mesti Bali?

“Karena Bali memang tujuan wisata yang sangat terkenal di dunia,” kata Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi kepada wartawan di kantor Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta, Selasa.

“Juga karena keindahan alamnya, itulah kenapa memilih Bali,” lanjut Osama.

Lebih lanjut, Osama menjelaskan Raja Salman dan para delegasi tidak akan melakukan pertemuan dengan tokoh negara hingga wartawan selama berlibur karena hanya ingin menikmati indahnya suasana di Pulau Dewata.

“Berkaitan dengan keberadaan Yang Mulia Raja di Bali, tentu adalah kunjungan privacy yang memang untuk menikmati keindahan alam di Bali, jadi tidak akan ada agenda lain. Tidak ada agenda dengan media juga,” lanjut Osama.

Ia menambahkan, “Raja hanya akan menikmati suasana keindahan Bali dan bagi delegasi akan menjadi bahan renungan. Mungkin akan kembali ke Bali setelah kunjungan itu.”

Raja Salman akan berada di Jakarta dan Bogor pada 1-3 Maret 2017 untuk mengikuti kegiatan kenegaraan. Selanjutnya raja beserta 1.500 anggota delegasi termasuk 10 menteri dan 25 pangeran akan melakukan kunjungan wisata di Bali pada 4-9 Maret 2017.

Selama di Bali, tutur Osama lebih lanjut, kegiatan Raja Salman tidak akan mengganggu keseharian masyarakat di Bali.

Terakhir kali seorang raja Arab Saudi mengunjungi Indonesia adalah pada 1970.

Penulis   : Bagoes Mashudi

Sumber :  ANTARA NEWS

Sponsored