Ketua PBNU : “Tak Perlu Ada Hujatan atau Cibiran Terhadap Ahok…”

MOTIVASInews.com – Ketua PBNU Robikin Emhas mengatakan, “Tak perlu ada hujatan atau cibiran terhadap Ahok sebagai warga negara yang menggunakan hak hukumnya atas suatu proses peradilan.┬áKarena hal itu merupakan pengejawentahan terhadap prinsip kesetaraan di mata hukum sebagaimana dijamin konstitusi.”

Robikin Emhas mengatakan itu sebagai imbauan kepada masyarakat terhadap upaya Ahok yang mengajukan banding setelah Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara menjatuhkan vonis dua tahun penjara kepada terdakwa kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama yang biasa disapa Ahok.

“Sebagai negara hukum, siapa pun harus tunduk dan patuh terhadap hukum. Hal ini sesuai dengan prinsip supremasi hukum. Untuk itu, apa pun putusan hakim harus kita hormati,” kata Robikin dalam pesan singkat, Selasa.

Robikin meminta Pengadilan Tinggi DKI Jakarta bebas dan tidak memihak dalam memeriksa dan mengadili perkara itu di tingkat banding. “Sebab kesanggupan menghargai rangkaian proses hukum yang berjalan adalah bagian dari ketaatan terhadap hukum itu sendiri,” kata Robikin.

Ketua majelis hakim Dwiarso Budi Santiarto memvonis Ahok terbukti melakukan penodaan agama sehingga dijatuhi hukuman dua tahun penjara. Vonis ini lebih berat dibandingkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) agar Ahok, yakni 1 tahun dengan masa percobaan 2 tahun.

kode unik:Next Article

Sponsored