Fakta, Inilah Tantangan Yang Dihadapi Indonesia Saat Bermain di Piala Dunia 1938

Fakta, Inilah Tantangan Yang Dihadapi Indonesia Saat Bermain di Piala Dunia 1938 - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com – Bukan hal aneh lagi negara Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat fanatik dengan sepakbola. Hampir setiap orang di Indonesia menyukai sepakbola. Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara dari Asia yang pertama kali mencicipi atmosfer piala dunia yang dihelar di Perancis pada tahun 1938. Namun pernahkah kalian berpikir apa saja yang terjadi pada saat itu ketika Indonesia bertanding ke Piala Dunia.

Berikut ini beberapa hal yang harus kamu tahu tentang tantangan Indonesia ketika akan berlaga di Piala Dunia untuk pertama kalinya.

1. Kendala Tansportasi

Betul, bukan hal yang aneh pada saat itu zaman masih belum secanggih sekarang, pada kala itu kekuatan terbesar sepakbola baru berpusat di dua benua yaitu daratan eropa dan amerika. Ketika negara-negara dari kedua benua ini ingin bertanding salah satu tantangannya ialah transportasi yang harus dilalui para kontestan untuk bisa menuju ke tempat diselenggaranya acara.

Waktu yang dibutuhkan pun sangat lama mengingat perjalan yang memanfaat moda transportasi laut ini. Setiap para kontestan membutuhkan waktu 1 hingga 2 bulan bisa sampai ketujuan hal ini juga dirasakan timnas Indonesia pada saat itu.

2. Kecemasan Politik di Piala Dunia 1938

Hal ini karena saat itu negara-negara disana sedang dilanda hiruk pikuk politik dan hubungan antar negara yang sedang panas, FIFA sendiri menyebutkan pada saat itu ajang olahraga yang terselenggara bukan untuk menyatukan berbagai negara namun hanya untuk tujuan propaganda politik.

Jerman yang kala itu masih dibawah perintah Adolf Hitler menganeksasi Austria yang menyebabkan ngera itu tak tampil di piala dunia sementara itu Spanyol masih terjadi perang saudara dan Jepang menginvasi China.

3. Tantangan Indonesia menuju piala dunia

Skuad Indonesia yang kala itu masih bernama Dutch East Indies mulai meninggalkan Indonesia lewat pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 27 April 1938 dan tiba sebulan setelah setelahnya di Pelabuhan Genoe Italia seperti yang dilansir dari BBC. Skuad Timnas Indonesia kemudian bertolak ke Belanda sebelum pergi ke Perancis di awal Juni 1938.

Namun sayang perjalanan panjang Indonesia harus dibayar dengan kekalahan telak dari Hungaria 6-0 dan harus pulang lebih awal karena saat itu piala dunia masih bersistem fase gugur. Namun tak langsung pulang ke tanah air, timnas Indonesia beserta rombongan kembali ke Belanda dan melakukan laga persahabatan dengan timnas Belanda di stadion Olimpiade dan berakhir dengan skor 9-2.

Sponsored