Kapten Timnas Ahmad Nawir, Pesepakbola Pertama Yang Pakai Kacamata

Kapten Timnas Ahmad Nawir, Pesepakbola Pertama Yang Pakai Kacamata - Motivasinews.com
Ahmad Nawir (Kiri)

MOTIVASInews.com – Mungkin telah banyak orang tahu bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara pertama dari benua Asia yang tampil di putaran final Piala Dunia tepatnya pada tahun 1938 yang digelar di Perancis. Namun tak banyak orang tahu bahwa pemain sepakbola yang mengenakan kacamata untuk pertama kalinya. Banyak orang tahun bahwa pemain Edgar Davids yang memakai kacamata yang terjadi pada tahun 1998 saat dokter memvonis Davids terkena Glukoma yang mengharuskannya untuk memakai kacamata.

Ditilik lebih jauh kebelakang lagi pada tahun 1938 tepat pada pagelaran Piala Dunia edisi ketiga yang digelar di Perancis yang mempertemukan Indonesia dengan Hungaria. Hal yang unik pun terjadi yaitu pemain yang menjadi kapten Timnas Indonesia Ahmad Nawir memakai kacamata setelah beragumen panjang dengan FIFA yang akhir membolehkan Nawir untuk memakai kacamata saat bertanding.

Faktanya Ahmad Nawir bukan hanya seorang pemain sepakbola, tetapi dia juga adalah orang yang berpendidikan tinggi hingga bergelar doktor yang juga berprofesi sebagai dokter. Dia juga sempat melatih Persebaya surabaya di era kemerdekaan, kini Nawir telah meninggal di usia 84 tahun pada bulan April 1995.

Sponsored