Kilas Balik Piala Dunia Edisi Pertama, Banyak Negara Eropa Yang Depresi

Kilas Balik Piala Dunia Edisi Pertama, Banyak Negara Eropa Depresi - Motivasinews.com

MOTIVASInews.com  Seperti yang sudah diketahui banyak orang, turnament terakbar dimuka bumi Piala Dunia Sepakbola yang digelar setiap 4 tahun sekali untuk memperebutkan 1 trofi untuk dibawa pulang. Rusia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 pada edisi ke 21. Mengenal lebih jauh gagasan turnament akbar ini merupakan ide dan gagasan dari seorang yang bernama Jules Rimet presiden ketiga FIFA yang memiliki visi menggelar turnament untuk mempersatukan bangsa-bangsa di belahan dunia. Impian itu akhirnya terwujud setelah melalui kongres FIFA pada tahun 1928 dan menunjuk Uruguay sebagai tuan rumah untuk edisi pertama karena memiliki para penggemar yang antusias.

Banyak memori yang terjadi kala itu ketika banyak tim-tim besar eropa yang enggan berangkat karena sedang dilanda depresi ekonomi. Hal tersebut sangatlah wajar karena jarak yang jauh dan ketika itu transportasi masih mengandalkan kapal layar untuk pergi yang bisa menghabiskan waktu hingga 1 bulan perjalanan dan membutuhkan biaya yang mahal.

Banyak pemain sepakbola yang mengalami depresi karena mereka takut akan kehilangan pekerjaan setelah mereka kembali dari turnament yang jaraknya sangatlah jauh. Uniknya tim tuan rumah mengetahui hal tersebut dan mau menanggung seluruh biaya perjalanan tim yang ikut turnament tersebut.

Seperti dikutip dari media history Raja Rumania saat itu yang menginginkan timnya untuk pergi memilih sendiri para pemainnya dan memberikan mereka senggang waktu untuk libur serta jaminan para pemain bahwa sekembalinya dari uruguay mereka akan mendapatkan pekerjaannya kembali. Alhasil 13 negara pun ikut berpartisipasi dalam piala dunia edisi pertama ini. Negara tersebut adalah Argentina, Chile, Perancis, Meksiko, Brazil, Bolivia, Yugoslavia, Uruguay, Peru, Rumania, As, Paraguay dan Belgia. Edisi kali ini berhasil dimenangkan oleh tim tuan rumah uruguay.

Sponsored